Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Idul Fitri di Tengah Pandemi, Wapres Sampaikan Hal-hal yang Harus Diperkokoh

Idul Fitri di Tengah Pandemi, Wapres Sampaikan Hal-hal yang Harus Diperkokoh
Wapres KH Ma'ruf Amin dan istri. (Foto: Setwapres)
Wapres KH Ma'ruf Amin dan istri. (Foto: Setwapres)

Jakarta, NU Online
Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin menyampaikan beberapa hal yang harus diperkokoh oleh umat Islam untuk menjalani hari-hari pada Idul Fitri tahun ini yang masih dalam situasi pandemi Covid-19. Di antaranya iman, imun, aman, dan amin. 

 

"Dalam situasi seperti ini, hal penting yang harus kita lakukan yang pertama adalah menguatkan iman kita atas terjadinya musibah ini," kata Wapres melalui video yang diterima NU Online, Kamis (13/5).

 

Hal kedua yang mesti diperkokoh, kata Wapres, adalah imun. Tujuannya, supaya tubuh tetap sehat dan tidak terpapar Covid-19. Menurutnya, imunitas harus kuat dengan menjaga kesehatan diri, mengonsumsi vitamin, berjemur, dan berolahraga.

 

"Ketiga, kita harus menjaga aman dengan ikut anjuran pemerintah untuk selalu patuhi protokol kesehatan dan melakukan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi," tutur Kiai Ma’ruf.

 

Dikatakan, umat Islam tetap harus berserah diri atau bertawakal kepada Allah, tetapi juga mesti melakukan berbagai usaha dan ikhtiar untuk menjauhi virus dari tubuh. Salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan adalah dengan mematuhi protokol kesehatan 5M itu. 

 

"Terakhir, jangan lupa untuk mengucapkan amin. Karena hakikatnya, kita berdoa kepada Allah dengan memohon perlindungan, keberkahan, dan rahmat Allah. Mari perkokoh diri kita dengan iman, imun, aman, dan amin agar kita senantiasa terlindung dari wabah virus dan semoga pandemi ini dapat segera berakhir," katanya.

 

Kepada seluruh umat Islam, Wapres juga menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Ia berharap, seluruh amal ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan dapat diterima Allah sehingga dikembalikan dalam keadaan yang suci.

 

"Pada hari yang berbahagia ini, pada segenap umat Islam di mana pun berada, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H. Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal ya karim. Wa ja’alanallahu wa iyyakum, minal a’idin wal faizin wal maqbulin kulla ‘aam wa antum bi khair," katanya.

 

"Semoga Allah menerima amal ibadah kita dan menjadikan kita kembali dalam keadaan suci, serta menjadikan kita termasuk orang-orang yang mendapat kemenangan, dan semoga kita senantiasa dalam kebaikan. Semoga Allah merahmati dan memberkahi kita semua," pungkas Wapres KH Ma'ruf Amin.

 

Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Kendi Setiawan

Posisi Bawah | Youtube NU Online