Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

YKMNU Kalbar Berbagi untuk Dhuafa

YKMNU Kalbar Berbagi untuk Dhuafa
Penyerahan bantuan YKMNU Kalbar untuk dhuafa. (Foto: istimewa)
Penyerahan bantuan YKMNU Kalbar untuk dhuafa. (Foto: istimewa)

Kubu Raya, NU Online

Dalam rangka Harlah ke-58 Yayasan Kesejahteraan Muslimat Nahdlatul Ulama (YKMNU) Kalimantan Barat berbagi kebahagiaan atau menyantuni kaum dhuafa di Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (5/6). Sebanyak 39 kaum duafa mendapatkan santunan tersebut. 


"Kegiatan ini untuk yang kedua di lokasi berbeda. Sebelumnya, kita melaksanakan bantuan sosial atau berbagi kebahagiaan ini di Kota Pontianak. Hari ini di Kuala Dua Kabupaten Kubu Raya. Walaupun waktunya mepet, alhamdulillah bisa terlaksana semua," kata Ketua Pengurus Wilayah YKMNU Kalbar, Ivun Phunna Kalvida SH M Si di sela-sela aksi tersebut.

 

Dijelaskan Ivun, bantuan sosial tersebut berasal dari YKMNU Pusat yang mengamanahkan untuk disalurkan di Kalbar sebanyak 50 paket sembako. "Kita diminta untuk menyiapkan bantuan sosial ini hanya dua hari. Kita bilang, siap. Kemudian kami bekerjasama dengan PAC Muslimat NU Pontianak Barat dan PC Muslimat NU Kabupaten Kubu Raya," ceritanya.

 
"Amanah dari YKMNU Pusat sudah kita salurkan. Bahkan, dari 50 paket itu malah kita tambahkan menjadi total 73 paket, yang didistribusikan di dua lokasi berbeda. Semoga santunan ini bisa meringankan beban bagi kaum dhuafa," harap Ivun yang juga pegawai Kanwil Kemenag Kalbar. 

 

Paket bantuan yang diberikan berupa beras, minyak goreng, mie instant, tepung terigu, gula pasir, garam dapur, dan snack. Bantuan tersebut dikumpulkan oleh Pengurus Cabang Muslimat NU Kubu Raya. 


"Sebanyak 39 paket sembako tersebut didistribusikanmelalui empat pengurus ranting. Yakni, ranting Kuala Dua sebanyak 17 paket, ranting Mekar Sari sebanyak 8 paket, ranting Tebang Kacang sebanyak 9 paket, dan ranting Madu Sari sebanyak 5 paket. Paket yang disumbangkan terbatas,tentunya mereka yang sangat layak mendapatkan santunan ini," kata Ketua PC Muslimat NU Kubu Raya, Ustazah Gunarti Choiriyah. 


Para penerima bantuan paket sembako ini dikumpulkan di TPQ Darussalam Gang H Laisak RT 02 RW 05 Dusun Karya Satu. Kebetulan di sebelah TPQ itu adalah rumah kediaman Ketua PC Muslimat NU Kubu Raya. Acara santunan tersebut berlangsung lancar dan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Selain dihadiri langsung Ketua PW YKMNU Kalbar, juga hadir Ketua I PW Muslimat NU Kalbar, Nia Nurniyati. Sementara dari jajaran pengurus YKMNU Kalbar juga hadir Ketua 1Suyanti ST Gz, Sekretaris Sumiati J S Sos I M Si, Bendahara Saliyah A Md dan Hj. Suhairiyah Maryoto dari Bidang Sosial.

 

Sebelum acara penyerahan bantuan paket sembako, juga ada penyampaian tausiyah oleh Ustazah Sholihatin. Ia menyampaikan uraian hikmah tentang pentingnya untuk selalu menjaga silaturrahmi antar sesama, serta mengingatkan seluruh hadirin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.  

 

34 paket bantuan di kota Pontianak

Sehari sebelumnya YKMNU Kalbar juga telah melaksanakan kegiatan serupa di Kota Pontianak. Sebanyak 34 paket sembako juga telah diserahkan kepada kaum duafa pada Jumat (4/6).

 

Kegiatan YKMNU Kalbar Berbagi Kebahagiaan Bersama Dhuafa ini bekerjasama dengan PAC Muslimat NU Pontianak Barat, yang diketuai Ustazah Uswatun Hasanah. Penyerahan bantuan paket sembako dilaksanakan di rumah salah satu pengurus PAC Muslimat NU Pontianak Barat, yang beralamat di Jalan Komyos Sudarso Gang Tri Putri Pontianak Barat.

 

Acara dihadiri langsung Ketua Umum PW Muslimat NU Kalbar, Hj Isriyah beserta jajaran pengurus, Ketua YKMNU Kalbar beserta pengurus, serta jajaran pengurus PAC Muslimat NU Pontianak Barat.

 

Kontributor: Rosadi
Editor: Kendi Setiawan

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya