Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ketua PWNU DKI: PPKM Darurat Jadi Ajang Dekat dengan Keluarga

Ketua PWNU DKI: PPKM Darurat Jadi Ajang Dekat dengan Keluarga
Ketua PWNU DKI Jakarta KH Samsul Maarif. (Sumber: Instagram @kyaisamsul)
Ketua PWNU DKI Jakarta KH Samsul Maarif. (Sumber: Instagram @kyaisamsul)

Jakarta, NU Online

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta KH Samsul Maarif menyatakan bahwa kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, yang berlangsung pada 3-20 Juli 2021 memiliki banyak hikmah. Salah satunya menjadi ajang dekat dengan keluarga. 


“Iya, PPKM ini banyak hikmahnya. Antara lain para orang tua itu lebih bisa dekat dengan keluarga, bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing anggota keluarga, bahwa ternyata tugas-tugas seorang ibu itu lebih berat daripada tugas laki-laki ternyata,” terang Kiai Samsul kepada NU Online, Selasa (6/7) petang. 


Lebih lanjut, ia mengimbau kepada seluruh warga DKI Jakarta, terutama warga Nahdliyin di Ibukota untuk tidak keluar rumah jika tidak ada kepentingan yang sangat mendesak. Dengan di rumah, kata Kiai Samsul, terdapat banyak hal positif yang bisa dilakukan. 


“Saya mohon warga DKI jangan keluar rumah. PPKM Darurat ini justru bisa dimanfaatkan untuk mendidik anak, memantau, shalat jamaah dengan keluarga, tadarus Al-Qur’an dengan keluarga, ngajari anak-anaknya belajar. Jadi tambah dekat dengan keluarga. Semua masyarakat DKI akan lebih baik di rumah seraya berdoa, meminta kepada Allah mudah-mudahan Covid-19 segera berakhir,” tambah Kiai Samsul.


PWNU DKI Jakarta sendiri sedang menggalakkan agenda vaksinasi di lima kota administrasi yang berlangsung pada 6-9 Juli 2021. Agenda vaksinasi pertama kali dimulai di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jakarta Utara, Jl Kramat Jaya, Tugu Utara, Koja, pada Selasa (6/7) hari ini.


Sebanyak 250 orang hadir untuk melakukan vaksinasi. Namun terdapat 19 orang batal divaksinasi karena tidak memenuhi syarat, seperti tekanan darah terlalu tinggi dan memiliki penyakit tertentu. Dengan demikian, 231 orang berhasil divaksinasi Covid-19 jenis Sinovac. 


Peserta vaksinasi terdiri dari pengurus harian PCNU hingga ranting beserta lembaga dan badan otonom. Warga Nahdliyin di sekitar juga dilibatkan untuk mengikuti agenda vaksinasi ini. Para peserta ini akan menerima suntik vaksin dosis kedua, pada 3 Agustus 2021. 


Data Covid-19 Hari Ini 


Berdasarkan data yang dihimpun Satgas Penanganan Covid-19, pada 6 Juli 2021 terdapat penambahan kasus baru sebanyak 31.189 sehingga total mencapai angka 2.345.018 orang sejak Maret 2020. Adapun pasien Covid-19 yang berhasil sembuh pada hari ini sebanyak 15.863 sehingga secara akumulatif tercatat 1.958.553 orang telah dinyatakan sembuh. 


Penambahan kasus baru terbanyak terjadi di DKI Jakarta dengan total 9.439 kasus. Disusul Jawa Barat (7.239 kasus baru), Jawa Tengah (4.048), Jawa Timur (1.808), DI Yogyakarta (1.386), Kalimantan Timur (726), Nusa Tenggara Timur (632), Kepulauan Riau (586), Banten (457), dan Bali (424).


Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Syakir NF
 

Posisi Bawah | Youtube NU Online