Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Rindu Belajar Tatap Muka, Santri Tebuireng Antusias Ikut Vaksinasi

Rindu Belajar Tatap Muka, Santri Tebuireng Antusias Ikut Vaksinasi
Kegiatan vaksinasi bagi santri Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Rabu (25/8/2021). (Foto: Syarif Abdurrahman)
Kegiatan vaksinasi bagi santri Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Rabu (25/8/2021). (Foto: Syarif Abdurrahman)

Jombang, NU Online

Santri Tebuireng terlihat antusias mengikuti vaksin Covid-19 yang dihadiri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di halaman Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng, Jombang, Rabu (25/80).

 

Salah satu peserta vaksin Covid-19 Alfahrizal mengaku antusias mengikuti vaksin karena rindu suasana belajar tatap muka. Setelah mayoritas santri dan asatiz divaksinasi, maka akan terbentuk herd immunity.

 

"Saya rindu belajar tatap muka maka kita dari Mahad Aly Hasyim Asy'ari Tebuireng hari ini antusias ikut vaksin. Hampir semua ikut," jelasnya.

 

Alfahrizal menambahkan, ia tidak takut menerima vaksin pertama ini. Karena pengurus Pesantren Tebuireng juga sudah divaksin. Para guru dan kiai juga divaksinasi.

 

Tebuireng melakukan beberapa tahap vaksin, tahap pertama untuk dewan asatid, pengurus dan pembina. Kemudian mulai untuk santri secara bergelombang dan hari ini puncak vaksinisasi.

 

"Saya sudah daftar vaksin dari dua bulan lalu, baru hari ini dipanggil," imbuh pemuda asal Jambi ini.

 

Alfahrizal menjelaskan, sejak bulan Maret 2020 lalu kampusnya Mahad Aly Hasyim Asy'ari mulai melakukan kuliah online. Hingga saat ini, untuk menjaga agar tidak ada yang tertular Covid maka kuliahnya belum dilakukan secara tatap muka.

 

"Belajar daring kurang maksimal, istilah pesantren yaitu barakahnya kurang. Semoga setelah vaksin ini mulai aktif kembali tatap mukanya," ujarnya.

 

Kunjungan Panglima TNI dan Kapolri ini dalam rangka peninjauan pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19. Petinggi TNI dan Polri tersebut tiba di Jombang menaiki helikopter dan turun di alun-alun Jombang.

 

Didampingi Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, rombongan menuju ke Pesantren Tebuireng.

 

Rombongan disambut Pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Lukman Hakim Mahfud beserta seluruh pengurus pesantren.

 

Pesantren Tebuireng mendapat jatah sekitar 4.500 vaksin berjenis Sinovac. Sebelum melakukan vaksinasi, tenaga kesehatan melakukan skrining untuk mengetahui tensi darah, kondisi kesehatan, dan keadaan fisik.

 

Panglima TNI dan Kapolri ke Tebuireng untuk meninjau vaksinasi Covid-19 di lingkungan pesantren. Tebuireng sudah mengembalikan ribuan santrinya. Santri putra dan putri akan divaksin," tutup Kepala Pesantren Tebuireng, Ustaz Iskandar.

 

Kontributor: Syarif Abdurrahman
Editor: Kendi Setiawan

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya