Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

LAZISNU Kulon Progo Santuni 120 Yatim melalui ‘Muharram Penuh Cinta’

LAZISNU Kulon Progo Santuni 120 Yatim melalui ‘Muharram Penuh Cinta’
Dua anak yatim yang menerima santunan LAZISNU secara simbolis di PCNU Kulon Progo. (Foto: dokumentasi)
Dua anak yatim yang menerima santunan LAZISNU secara simbolis di PCNU Kulon Progo. (Foto: dokumentasi)

Kulon Progo, NU Online
Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kulon Progo menggelar opening ceremony Muharram Penuh Cinta yang Ketiga (MPC-3) secara simbolik. Acara itu menghadirkan anak-anak yatim di Gedung PCNU Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.


Selanjutnya, 120 anak yatim menerima santunan dari Unit Pengelola Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) yang ada di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) di tingkat kepanewon yang ada.


Setiap kepanewon (dulu kecamatan-red) menyalurkan santunan bagi 10 anak yatim. Kegiatan yang ditayangkan secara langsung di YouTube LAZISNU Kulon Progo ini menyesuaikan kondisi terkini, yakni pandemi virus Corona yang urung berkesudahan.


“Acara semacam ini merupakan momentum dalam membangun kepedulian kita. Kami berharap acara semacam ini tidak hanya dilaksanakan tiap Muharram saja, tetapi pada bulan lainnya juga,” kata Ketua PCNU Kulon Progo, H Luqman Arifin Fatkhul Huda kepada NU Online, Sabtu (28/8).


Dengan begitu, menurut dia, dapat meningkatkan kepekaan sosial Nahdlatul Ulama (NU) secara kelembagaan maupun secara personal dan menjadikan kebiasaan berderma. “Saat rasa kepedulian kita sudah tumbuh, maka akan ringan dalam melaksanakannya,” ujar Luqman.


Sementara Ketua PC Muslimat NU Kulon Progo, Hj Mien Maemunah ,berpesan kepada para anak yatim untuk tidak putus asa. Kata dia, meskipun sudah tidak memiliki orang tua yang lengkap, namun masih memiliki saudara, kawan dan warga NU yang peduli.


“Kepada wali atau pengasuhnya, kami minta untuk tetap dapat mendidik dan memberikan pendidikan agar menjadi generasi yang berakhlakul karimah dan menggapai cita-citanya,” tutur Hj Mien.


Wakil Ketua LAZISNU Kulon Progo, Hj Safitri Rini, menyampaikan terima kasih kepada semua donatur yang telah memberi kepercayaan untuk mengelola sedekah.  


“Kami atas nama LAZISNU Kulon Progo sangat berterima kasih kepada semua donatur yang telah berkenan memberikan donasinya melalui LAZISNU Kulon Progo. Semoga Allah berikan pahala dan kelancaran rejeki kepada bapak-ibu sekalian. Aamiin,” harapnya.


Salah satu donatur, Panca, yang hadir dalam kesempatan tersebut berharap program Muharam Penuh Cinta dapat terus berlanjut sehingga warga NU di Kulon Progo dapat terus berbagi.


“Harapan kami tentu terus berlanjut, syukur alhamdulillah bisa menjadi donatur tetap untuk menyukseskan program-program LAZISNU Kulon Progo,” kata Panca.


Kontributor: Ahmad Rifqi Hidayat
Editor: Musthofa Asrori

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya