Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

Kaderisasi Ansor Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas

Kaderisasi Ansor Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas
Kaderisasi Ansor Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas. (Foto: Istimewa)
Kaderisasi Ansor Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas. (Foto: Istimewa)
Salatiga, NU Online
Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Tengah H Sholahuddin Aly mengungkapkan, kaderisasi dan rekruitmen tidak cukup hanya menekankan pada kuantitas anggota, tetapi yang terpenting dari itu adalah kader harus berkualitas.
 
"Tantangan kita di Jateng sudah tidak lagi banyaknya anggota. Kita butuh orang yang sungguh-sungguh, kader yang disiplin. Kalau banyak-banyakan tapi kurang berkualitas, maka hanya sekadar kerumunan dan ini akan jadi beban generasi berikutnya," ungkap Gus Sholah dalam Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) VII 2021 di Kota Salatiga, Kamis (23/9/2021).
 
Ia menambahkan, dalam proses regenerasi sebisa mungkin menghindari politisasi dalam tubuh organisasi. Sebab, jika kaderisasi berjalan baik, niscaya menemukan calon pemimpin yang berintegritas (Ansor) di semua level tidak sulit, sehingga dalam masa ke masa badan otonom (Banom) Nahdlatul Ulama (NU) makin maju.
 
"Kita ini organisasi kader, pilih yang terbaik untuk diajukan sebagai pimpinan. Maka cara berpikirnya jangan menjadikan organisasi Ansor sebagai ajang politik," jelasnya.
 
Ia juga mengingatkan kepada peserta Rakorwil bahwa kader Ansor harus satu barisan di lintas kepengurusan. Ini bisa terwujud bila semua kader memiliki pemahaman yang sama tentang organisasi secara utuh.
 
“Jangan sampai ada perbedaan persepsi antara jajaran bawah dengan level di atasnya. Ini penting. Mestinya juga harus paham mengenai garis komando," ujarnya.
 
Sementara itu, Sekretaris Korwil GP Ansor Jateng-DIY Ulil Arham menyampaikan, ke depan kegiatan-kegiatan Ansor, termasuk kaderisasi kemungkinan besar bisa diselenggarakan kembali setelah sekitar dua tahun berhenti, lantaran Covid-19. Ini karena ada surat edaran resmi yang mendukung terkait penyelenggaraan kegiatan Ansor.
 
"Sebentar lagi Pimpinan Pusat akan membuat edaran tentang kegiatan di semua jenjang untuk mengatur tata cara kegiatan di tiap tingkatan. Tentunya akan diteruskan surat edaran Pimpinan Wilayah," katanya.
 
Dalam Rakorwil VII tersebut dibahas sejumlah hal penting menjelang pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) GP Ansor yang akan digelar dalam waktu dekat, serta penguatan dan penataan organisasi. Di antaranya mengenai usulan batasan usia calon pimpinan di semua level, screening calon peserta kaderisasi secara ketat, dan lain-lain.
 
Hadir dalam Rakorwil VII ini H Ulil Arham dan H Aunullah A'la Habib dari Pimpinan Pusat GP Ansor, Kasatkorwil Banser Jateng H Muchtar Makmun, Sekretaris PW GP Ansor Jateng Fahsin M Faal, jajaran Pengurus PW Ansor Jateng, Ketua PC GP Ansor se-Jateng serta Kasatkorcab Banser se-Jateng. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Pengasuh Majelis Taklim Kanzul Maharib, KH M Fadlil Kirom.
 
Kontributor: Ahmad Naufa Khoirul Faizun
Editor: Syamsul Arifin 

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya