Penghulu Kewalahan Didatangi Pengantin Pada 8-8-2008

Penghulu Kewalahan Didatangi Pengantin Pada 8-8-2008
Pekanbaru, NU Online
"Tok Kadi", penghulu nikah di beberapa Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di Pekanbaru, Jumat, kewalahan menikahkan pasangan pengantin karena ramainya masyarakat yang berminat dinikahkan pada hari tertanggal 8-8-2008 itu.

"Sejak pagi, ramai pasangan pengantin yang dinikahkan. Biasanya tidak seperti ini, tetapi mungkin karena fenomena tanggal spesial, yakni 8-8-08, maka ramai yang datang," ujar Rifia salah seorang Tok Kadi di Pekanbaru.<>

Ia ditemui disela-sela pernikahan 12 pasangan pengantin yang silih berganti dinikahkannya sejak pagi, bahkan ushai salat Jumat masih ada pasangan pengantin yang harus dinikahkannya.

Ia mengakui biasanya hari Jumat di saat awal bulan ada saja pasangan calon mempelai yang dinikahkannya, tetapi jumlahnya tidak seramai pada Jumat ini dan tidak setiap bulan pula KUA ramai didatangi pengantin.

"Biasanya pada hari Jumat sekitar dua sampai tiga pasang calon, tapi hari ini membludak," katanya.

Kondisi ramainya pasangan untuk dinikahkan juga terjadi di KUA Kecamatan Limapuluh yang berada di Jalan Lokomotif, Pekanbaru.

Bahkan jalan di depan KUA macet karena banyaknya kendaraan yang berjejer di pinggir jalan yang sempit, sedangkan pemiliknya berada di dalam KUA menyaksikan pernikahan keluarga mereka.

Salah seorang pegawai KUA Limapuluh yang ditemui mengatakan terjadi kenaikan yang cukup terasa, namun tidak terlalu signifikan. Masyarakat yang tinggal di sekitar daerah tersebut memang tidak terlalu ramai, bahkan pada hari biasa pun hanya sekitar dua orang saja.

"Pada hari ini, terhitung lima pasangan yang terdaftar untuk dinikahkan. Sedangkan undangan menikah di rumah calon mempelai juga ada sekitar empat orang," ujar Faisal.

Pernyataan membludaknya pasangan yang menikah karena tanggal spesial juga diungkapkan Ita, salah seorang pegawai di KUA Sail, Pekanbaru.

"Fenomena seperti ini juga terjadi tahun lalu pada tanggal 7-7-07. Hari ini cukup ramai pasangan yang menikah, terdaftar lima pasangan dan biasanya hanya satu orang yang dinikahkan pada hari Jumat," katanya.

Shanti (25 tahun), salah seorang calon pengantin wanita, saat ditanya kenapa menikah pada hari ini, dia mengaku sengaja memilih tanggal hari Jumat karena tanggal spesial dan terjadi sekali seumur hidup.

"Awalnya, saya ingin melaksanakannya di awal bulan kemarin. Namun setelah saya melihat lagi, terdapat tanggal yang bagus, yakni 8 Agustus 2008 ini, dan tanggal ini juga pas apabila dijadikan kenangan nantinya," ujar Shanti. (ant)
BNI Mobile