IMG-LOGO
Trending Now:
Warta

Peringati Hari Pangan Sedunia, Ribuan Petani Turun ke Jalan


Jumat 17 Oktober 2008 05:39 WIB
Bagikan:
Peringati Hari Pangan Sedunia, Ribuan Petani Turun ke Jalan
Jakarta, NU Online
Sekitar 5.000 petani turun ke jalan memperingati Hari Pangan Sedunia, 16 Oktober kemarin. Para petani mendatangi Istana Negara Jakarta, Gedung DPR/MPR, dan bundaran Hotel Indonesia.

Para petani tergabung dalam organisasi-organisasi tani, serikat pekerja, lembaga swadaya msyarakat (LSM), serta aktivis anti utang dan imperialisme.<>

“Hari Pangan Sedunia, 16 Oktober 2008 ini memperlihatkan bahwa petani kecil dari seluruh Indonesia akan tetap bersatu di tengah cerai-berainya pemerintah neo-liberal dan perusahaan transnasional serakah yang hancur lebur karena krisis pangan dan krisis finansial global,” kata Henry Saragih, Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI).

Aksi besar-besaran itu juga diramaikan dengan arak-arakan boneka singa yang ditumpangi seorang petani dan diusung 4 orang. Sekitar 10 orang menari-nari mengelilingi boneka itu.

Massa tumpah di sepanjang Jalan Thamrin. Arus lalu lintas tampak tersendat. Massa kini mulai cair dan bergerak ke Gedung DPR dengan menumpang bus, truk, mobil dan motor.

Bersamaan dengan Hari Pangan Sedunia tahun 2008 ini, di tingkat internasional SPI juga berkumpul bersama 600 delegasi petani dari seluruh dunia dalam Konferensi Kelima La Via Campesina. Konferensi Kelima ini diadakan di Maputo, Mozambik, Afrika. (nam)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG