IMG-LOGO
Warta

Galeri Seni Terbuka di Jeddah


Kamis 27 November 2008 19:31 WIB
Bagikan:
Galeri Seni Terbuka di Jeddah
Jeddah, NU Online
Jeddah, yang 2.500 tahun lalu hanya sebuah desa nelayan kecil tempat suku Quda`a tinggal, kini telah berubah menjadi kota moderen dengan bangunan bertingkat dan gedung pencakar langit.

Kecuali tempat belanja, tak banyak tempat wisata atau situs sejarah yang bisa dilihat di kota metropolitan Arab Saudi yang disebut-sebut sebagai kota terkaya di Timur Tengah dan Asia Barat itu.<>

Namun penikmat seni bisa dengan leluasa menikmati banyak karya seni yang dipasang di alam terbuka di berbagai bagian kota bertanah kering ini. Patung-patung indah dengan aneka bentuk dan bahan bisa dilihat di perempatan jalan, ujung jalan, pada lajur pemisah ruas jalan, dan tepian pantai. Membuatnya seperti galeri seni terbuka, yang bisa dilihat dan disentuh sepuasnya 24 jam setiap hari.

Di daerah Corniche, tepatnya di Sitteen Street, ada patung sepeda yang sangat terkenal (Maidan ad-Darajah), panjangnya 15 meter, warnanya kecoklatan. Jemaah haji Indonesia menyebutnya "Sepeda Nabi Adam". Tak ada yang tahu bagaimana nama itu awalnya diberikan kepada karya pematung Italia Julio Lafuente ini.

Ada juga patung bola dunia raksasa yang disebut The World karya Lafuente. Siang hari, pantulan birunya langit pada bagian luar patung membuatnya indah. Dan pada malam hari, patung ini akan terlihat lebih indah lagi. Cahaya yang bersinar dari bagian dalam patung itu membuatnya tampak seperti bola dunia raksasa berwarna biru.

Patung-patung indah juga terdapat di sepanjang Shareq Maliq, taman-taman yang dibangun di sepanjang pantai, jalan raya menuju ke Bandara Raja Abdul Aziz, sepanjang jalan menuju ke Mekah dan sepanjang jalan raya menuju ke Madinah.

Bentuknya sangat beragam. Diantaranya ada bejana, lampu, pesawat, mobil, kapal, tangan dan kuda dengan bagian tubuh terpotong.

Beberapa diantaranya merupakan karya seniman terkenal seperti asal pematung Spanyol Joan Miro, seniman besar berkebangsaan Inggris Henry Spencer Moore, dan perupa terkenal Amerika Serikat Alexander Calder. (ant)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG