Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pemulangan Jamaah Haji Mulai Kamis

Pemulangan Jamaah Haji Mulai Kamis
Jakarta, NU Online
Jemaah haji Indonesia, khususnya gelombang pertama akan tiba di Jakarta untuk embarkasi DKI Jakarta, Kamis (3/12), termasuk embarkasi lainnya. Seluruh kloter (kelompok terbang) pertama seluruh akan meninggalkan kota Mekah pada 2 Desember menuju Jeddah dan menginap 24 di sana untuk persiapan penerbangan.

"Sekarang ini Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menerima lebih 200 orang yang mengajukan lebih awal ke Tanah Air dengan berbagai alasan," ujar Kepala Penyelenggara Haji Indonesia Daerah Kerja Makkah, Subakin AM.<>

Namun, tutur Subakin, pihaknya akan mempertimbangkan untuk mengizinkan mereka yang minta pulang lebih awal, khususnya jamaah yang sakit atau berusia lanjut.

Ia mengatakan jemaah haji yang mengambil nafar awal sudah menyelesaikan pelontaran jumrah pada hari Ahad. Sedangkan mereka yang mengambil nafar sani baru selesai melontar jumrah pada hari Senin.

Sementara itu, jamaah yang tergabung dalam gelombang kedua, usai menunaikan rangkaian ibadah haji di Masjidil Haram, Arafah, Mina dan Muzdalifah, akan bergerak ke Madinah. Setelah itu, baru ke tanah air secara bertahap sesuai dengan kelompok terbang masing-masing. (nur)
BNI Mobile