Kepala Intelijen Mesir Kembali Bertemu Petinggi Israel

Jerusalem, NU Online
Kepala Intelijen Mesir Omar Suleiman pada Ahad berkunjung ke Jerusalem untuk bertemu dengan para pejabat Israel untuk membahas proses perdamaian Palestina-Israel. Menurut para pejabat Israel, Suleiman pada Ahad telah bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Ehud Barak, juga Kepala Mossad, intelijen urusan luar negeri Israel.

Seorang juru bicara pemerintah Israel menolak memberi keterangan mengenai kunjungan Suleiman ke Jerusalem tersebut. Suleiman ditunjuk Presiden Mesir Hosni Mubarak untuk melakukan kontak langsung antara Israel dan kelompok garis keras Hamas mengenai pertukaran 1.000 tahanan Palestina di penjara-penjara Israel dengan seorang tentara Israel yang disandera Hamas di Gaza sejak 2006.<>

Mesir memainkan peran penting dalam beberapa tahun belakangan ini dalam upaya gencatan senjata antara negara Yahudi dan Hamas. Netanyahu pada April lalu juga menunjuk kepala dinas keamanan dalam negeri Israel Shin Beth, Yuval Diskin, sebagai utusan khususnya untuk pembicaraan pertukaran tahanan.

Kunjungan Suleiman itu dilakukan beberapa hari setelah Menteri Luar Negeri Mesir Ahmed Abul Gheit secara implisit mengkonfirmasi bahwa negaranya telah membangun sebuah rintangan bawah di perbatasan dengan Jalur Gaza -- yang dikuasai Hamas -- guna mencegah penyelundupan senjata lewat terowongan. Jaringan terowongan bawah tanah di perbatasan Mesir-Gaza yang diadakan oleh warga Gaza dinilai memberi manfaat besar bagi pasokan bahan makanan yang diselundupkan ke Gaza di tengah blokade Israel sejak Hamas menguasai Gaza pada Juni 2007.

Terowongan-terowongan gelap buatan warga Palestina di Gaza itu umumnya dipakai untuk memasok bahan makanan, bahan bakar minyak, alat-alat pelistrikan. Namun, Israel selalu menuduh bahwa terowongan ilegal itu digunakan untuk penyelundupan senjata, sehingga Israel menjadikannnya alasan untuk menggempur Gaza tahun lalu.

Sebelumnya, Suleiman berkunjung ke Israel pada April lalu untuk mengemban misi serupa. Dalam kunjungan pertamanya oleh seorang pejabat tingkat tinggi Mesir ke Israel sejak Benyamin Netanyahu memegang tampuk kekuasaan pada 1 April 2009, Suleiman juga bertemu Netanyahu dan mengadakan pembicaraan dengan Menhan Ehud Barak. (ant)
BNI Mobile