IMG-LOGO
Warta

Mata-mata Israel Bantu Pembunuhan Komandan Hizbullah


Rabu 3 Maret 2010 05:47 WIB
Bagikan:
Mata-mata Israel Bantu Pembunuhan Komandan Hizbullah
Beirut, NU Online
Seorang warga Libanon yang ditangkap karena dicurigai sebagai agen mata-mata Israel mengakui telah membantu pembunuhan seorang komandan Hizbullah pada 2004. Sumber keamanan Lebanon, Selasa, mengatakan, Michel Abdo ditangkap tiga pekan lalu dan dianggap sebagai "agen mata-mata yang sangat penting". Abdo akan diadili di hadapan pengadilan militer.

"Perannya adalah menfasilitasi gerakan agen-agen Mossad Israel untuk menjalani misi pembunuhan," katanya kepada Reuters."Ia menjemput mereka dari satu tempat di dekat perairan selatan Beirut.Lalu membawa mereka ke rumahnya untuk merencanakan pembunuhan. Ia kemudian menfasilitasi keberangkatan mereka," ujanya.<>

Israel yang terlibat perang selama 34 hari dengan Hizbullah pada 2006 belum mengomentari penangkapan itu.Ghalib Awali, komandan sayap militer Hizbullah, wafat dalam serangan bom saat masuk ke mobilnya di pinggiran utara Beirut pada 2004.

Abdo adalah tersangka kedua yang akan diadili dalam kasus pembunuhan Ghalib Awali ini. Israel juga membunuh tokoh Hizbullah lain, Abbas al-Mussavi, dalam sebuah serangan udara terhadap mobilnya pada 1992.

Dalam beberapa tahun terakhir, Lebanon telah mengadili dan menghukum beberapa orang karena melakukan mata-mata dan berencana menyerang Hizbullah.Lebih dari 50 orang ditangkap sebagai hasil investigasi tentang kasus mata-mata Israel sejak April 2009. Lebih dari 20 orang di antaranya telah didakwa secara resmi. (reuters)
Bagikan:
IMG
IMG