Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ada "Mobile Qur'an" di Semarang

Ada "Mobile Qur'an" di Semarang
Semarang, NU Online
Program Pembibitan Penghafal Al-Qur'an (PPPA) Darul Qur'an meluncurkan "Mobile Quran" di Semarang, Sabtu, sebagai upaya pembelajaran Al-Qur'an pada masyarakat terutama anak-anak.

"Mobile Qur'an adalah mobil yang dilengkapi berbagai fasilitas multimedia untuk menunjang pembelajaran Al-Qur'an," kata Direktur Eksekutif PPPA Daarul Quran, Tarmidzi usai peluncuran "Mobile Qur'an".<>

Menurut dia, "Mobile Qur'an" akan beroperasi dengan mengunjungi sekitar dua sampai tiga lokasi setiap harinya, di antaranya sekolah, taman pendidikan Alquran (TPA), dan majelis taklim.

"Kami menyiapkan satu unit mobil yang siap beroperasi di Semarang, dilengkapi pula dengan `trainer`, pendongeng, dan santri yang hafal Alquran, masing-masing sebanyak satu orang," katanya.

Ia mengatakan bahwa "Mobile Qur'an" tersebut memiliki berbagai fasilitas, seperti internet, pemutar film, dan perpustakaan, sehingga anak-anak dapat belajar membaca Semarang, NU Online
Program Pembibitan Penghafal Al-Qur'an (PPPA) Darul Qur'an meluncurkan "Mobile Quran" di Semarang, Sabtu, sebagai upaya pembelajaran Al-Qur'an pada masyarakat terutama anak-anak.

"Mobile Qur'an adalah mobil yang dilengkapi berbagai fasilitas multimedia untuk menunjang pembelajaran Al-Qur'an," kata Direktur Eksekutif PPPA Daarul Quran, Tarmidzi usai peluncuran "Mobile Qur'an". secara lebih leluasa.

"Kami sudah mengoperasikan satu unit mobil serupa di Jakarta sejak 2009 lalu dan mendapat apresiasi cukup besar dari masyarakat, karena itu kami berinisiatif mengoperasikan di kota lain, termasuk Semarang," katanya.

"Mobile Qur'an" tersebut, kata dia, akan dioperasikan juga di daerah yang terkena bencana alam, untuk membantu anak-anak yang membutuhkan motivasi dan pemulihan trauma akibat peristiwa yang dialaminya.

"Mobil yang akan dioperasikan di Semarang itu sebelumnya pernah dioperasikan membantu masyarakat yang terkena bencana Situ Gintung 2009 lalu, setelah itu kami modifikasi untuk dioperasikan di Semarang," katanya.

Tarmidzi mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya merencanakan mengoperasikan mobil serupa di daerah-daerah lain, di antaranya Yogyakarta, Surabaya, dan Solo. (ant/sam)
BNI Mobile