Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Genjot Potensi Santri di Bidang Kepustakaan

Genjot Potensi Santri di Bidang Kepustakaan
Sumenep, NU Online
Selama dua hari Kamis-Jum'at (2-3/12) perpustakaan Pondok Pesantren Annuqayah Latee, Sumenep Madura, menggelar diklat kepustakaan yang bertempat di Auditorium Lantai II MI Annuqayah. Acara tersebut diikuti oleh 27 santri dan 21 kru buletin Hijrah PP Annuqayah.

Menurut ketua perpustakaan, M Mahrus Bushthami, acara itu dilaksanakan dalam rangka menggenjot potensi para santri dalam bidang kepustakaan.<>

“Ini penting diselenggarakan mengingat peran perpustakaan pesantren selama ini mampu memberikan kontribusi tinggi dalam pengembangan keilmuan santri,” ujarnya saat memberikan sambutan ketika pembukaan, Kamis siang (2/12).

Dari tahun ke tahun, minat baca santri Pesantren Annuqayah cukup tinggi. Mereka berdesakan menekuni lembaran-lembaran kertas tiap kali jam buka; menelusuri lorong keilmuan tak bertepi.

Dari itulah M Mahrus Bushthami beserta pustakawan lainnya sadar betapa pentingnya membekali para santri dalam hal kepustakaan.

“Salah satu tujuan dari pelaksanaan diklat kepustakaan ini ialah menjaring kader Pustakawan baru yang nantinya dimagangkan di perpustakaan yang kami kelola,” kata ketua panitia, M Farhan QR. Proses dari magang itu muaranya akan diseleksi untuk ditetapkan sebagai pustakawan di awal pergantian kepengurusan nanti.

Terdapat empat materi yang disajikan dalam acara tersebut: manajemen kepustakaan, strategi membangun relasi dengan penerbit, strategi kaderisasi, dan teknik klasifikasi, inventarisasi, dan katalogisasi.

Manajemen kepustakaan difasilitatori oleh kepala perpustakaan SMA Annuqayah, Muhammad Lutfi. Sedangkan materi strategi membangun relasi dengan penerbit dan strategi kaderisasi diisi oleh Administrator Biro Pengabdian Masyarakat (BPM) PP Annuqayah dan Ketua LPM INSTIKA, Ahmad Sunandar dan Hairul Anam Al-Yumna. Adapun teknik klasifikasi, inventarisasi, dan katalogisasi difasilitatori oleh kepala perpustakaan BPM, Abdul Khaliq.

Pantauan NU Online, dari awal hingga acara berakhir, peserta tampak antusias mengikuti materi yang diberikan oleh para penyaji. Alhasil, acara yang diparipurnai pada Jumat sore itu bejalan sesuai dengan rencana panitia. (ana)
BNI Mobile