IMG-LOGO
Warta
SEMINAR PBNU-JERMAN

Kiai Said: Terorisme Musuh Umat Manusia


Jumat 16 Maret 2012 21:50 WIB
Bagikan:
Kiai Said: Terorisme Musuh Umat Manusia

Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj menegaskan, tidak ada ajaran agama apapun di dunia ini yang merekomendasikan terorisme. Dampak kerusakan yang begitu besar menjadikan aksi kejam ini sebagai musuh umat manusia di seluruh dunia tanpa pandang suku, ras, bangsa, dan agama.<>

Alasannya, kata Said, terorisme bertentangan dengan prinsip kemanusiaan dan mengoyak keharmonisan di masyarakat. Padahal bahasa Arab “al-insan” (manusia) secara akar kata berarti harmonis, intim, penuh kearaban dan kerukunan.

“Terorisme sudah jelas musuh umat manusia. Kalau ada yang menteror orang lain mengatasnamakan agama berarti ia tidak paham tentang agama,” katanya saat menjadi Keynote speaker dalam pembukaan Seminar Internasional “Peran Ulama Pesantren dalam Mengatasi Terorisme Global” di Pesantren Kempek, Cirebon, Jawa Barat, Jum'at (16/3).

Ia juga menambahkan, NU dari dulu telah beromitmen kuat untuk mendukung sikap-sikap yang menghargai kemanusiaan. Sejak didirikan  16 Rajab 1344 H (31 Januari 1926), KH Hasyim Asy’ari telah mengenalkan tiga solidaritas yang melandasi sikap keberagamaan NU.

“NU didirikan untuk memperuat tiga solidaritas, yakni ukhuwah islamiyah (persaudaraan sesama muslim), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sesama bangsa), dan ukhuwah insaniyah (persaudaraan atas dasar kemanusiaan),” urainya.

Seminar yang akan dilaksanakan selama tiga hari ini (16-18 Maret), menurut Kiai Said, sudah tepat sasaran. Pesantren dapat penghadang terdepan dalam menghadapi benih terorisme. Apalagi, selama ini pesantren NU belum pernah terbukti satupun sebagai pelaku terorisme di negeri ini.

“NU punya pesantren sekitar 21.600. Saya pastikan tidak ada dari sebanyak ini yang melahirkan teroris. Semua tersangka terorisme yang berhasil dibekuk tidak ada yang menempuh pendidikan di NU,” tandasnya.



Redaktur : Syaifullah Amin
Penulis    : Mahbib Khoiron

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG