Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Kiai-Kiai NU Tandatangani Kesepakatan Jihad Lawan HIV/AIDS

Kiai-Kiai NU Tandatangani Kesepakatan Jihad Lawan HIV/AIDS

Jakarta, NU Online
Puluhan kiai Nahdlatul Ulama bersepakat akan memerangi virus mematikan HIV dan AIDS. Selain dirusak secara fisik, penderita juga dipaksa menaggung beban psikis akibat pengasingan dari masyarakat.<>

Sikap ini terungkap dalam penandatanganan nota kesepakatan "Kiai NU Jihad Melawan AIDS" oleh puluhan kiai yang terdiri dari Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) se-Indonesia, Rabu (12/9), di Gedung PBNU, Jakarta Pusat. Prosesi penandatanganan diawali oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj.

Kesepakatan ini sekaligus menandai dimulainya Workshop Advokasi Pencegahan HIV/AIDS yang diadakan Pengurus Pusat Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU), 12-14 September 2012. Peserta yang merupakan para kiai ini diharapkan partisipasinya dalam pencegahan HIV/AIDS serta pendampingan korban atas stigma dan diskriminasi oleh masyarakat.

Ketua PP LKNU Imam Rasjidi menyatakan, advokasi oleh ulama dinilai penting karena menyangkut kehidupan para korban tak bersalah. Kita memang akan berperang melawan HIV/AIDS, tetapi harus juga memperhatikan betapa banyak para pengidap bukan berasal dari penjaja seks bebas. Mereka di antaranya berasal dari istri-istri para lelaki penular atau anak-anak yang dilahirkan pasangan pengidap HI/AIDS.

"HIV/AIDS tidak hanya menyebabkan penyakit, tapi juga masalah sosial," paparnya.


Redaktur: Mukafi Niam
Penulis   : Mahbib Khoiron

Posisi Bawah | Youtube NU Online