Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Hidupkan Lailatul Ijtima dengan Tahlil dan Manakib

Hidupkan Lailatul Ijtima dengan Tahlil dan Manakib

Jombang, NU Online
Kegiatan rutin malam yang lebih dikenal dengan Lailatul Ijtima digelar Ranting NU Mojokrapak Tembelang Jombang. Dalam kegiatan yang di gelar di Masjid At Taqwa Desa Mojokrapak, Ahad (3/11)  itu diisi dengan tahlil dan pembacaan Manaqib Syeikh Abdul Qodir Al Jaelani yang merupakan salah satu Aulia.<>

Ranting NU Mojokrapak dikenal sebagai basis NU di kecamatan Tembelang Jombang. Dengan penduduk terbanyak. Tidak kurang 100 jamaah dan anggota NU mengikuti kegiatan Lailatul Ijtima' yang digelar setiap Malam Ahad minggu pertama setiap bulan ini. 

Jamaah yang terdiri dari kaum ibu ibu dan bapak bapak ini terlihat khusuk menyimak. Apalagi dalam pembacaan sejarah kehidupan Syeikh Abdul Qodil Al Jaelani dijelaskan amaliah waliyulloh tersebut.

"Jamaah lebih senang, ketika setiap kegiatan, Manaqib dibaca per bab, kemudian dijelaskan," kata KiaiSuliadi, Rais Syuriyah Ranting NU Mojokrapak.

Djamuludin Karim, Sekretaris PR menambahkan kegiatan pertemuan bulanan pengurus dan jamaah NU Mojokrapak ini  tidak membutuhkan waktu lama. Dikatakannya, yang terpenting jamaah dan pengurus bisa berkumpul dan mengaji bersama.

"Kegiatan hanya sekitar 2 hingga 3 jam, setelah mengaji sudah langsung selesain," ujarnya seraya mengatakan dipilihnya Manaqib Syikeh Abdul Qodir Jaelani karena jamaahnya memang sudah terbiasa rutinan pembacaan manaqib dirumah rumah. 

"Ini juga bentul Mahabbah kepada Syekh Abd, Qodir Jaelani,” pungkasnya.


Redaktur   : Mukafi Niam
Kontributor: Muslim Abdurrahman

BNI Mobile