Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Banom NU Bukan Sekedar Gerbong

Banom NU Bukan Sekedar Gerbong

Jombang, NU Online
Banyaknya badan otonom (Banom) baru di lingkungan NU, termasuk yang paling baru Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) hendaknya bukan lagi sebagai gerbong bagi NU. Banom-banom justru diharapkan mampu menjadi lokomotif penggerak bagi kemajuan NU di masa mendatang.<>

Demikian seperti yang disampaikan Ny Hj Aisyah Muhammad kepada NU Online (29/12). Ketua PC Muslimat NU Jombang ini menandaskan bahwa beban NU sudah demikian berat.

"Tugas sebagai jam'iyah dengan jamaah yang sangat beragam dari pelosok daerah memerlukan penanganan yang serius dan terencana dengan baik," kata Bu Is sapaan akrabnya. "Jangan sampai keberadaan ISNU malah menjadi gerbong yang hanya akan membebani laju dan kelincahan NU dalam berkhidmat," lanjutnya.

Karena itu, keberadaan badan otonom seperti ISNU khususnya yang baru awal bulan kemarin dilantik, hendaknya dapat membantu beban berat NU itu untuk merealisasikan sejumlah program unggulan. "Para sarjana tentunya memiliki kedalaman teori dan kelebihan akademis lainnya, termasuk di jaringan," kata cucu KH Abdul Wahab Hasbullah ini.

Potensi itu hendaknya dapat dioptimalkan untuk menunjang beberapa kerja-kerja NU di tingkat aksi agar dapat terarah dan tepat sasaran. "Itulah mungkin yang diharapkan," katanya. 

Yang juga tidak kalah penting adalah memadukan ide-ide segar dan inovatif itu dengan beberapa lembaga, badan otonom serta lajnah yang berada di bawah NU. Muslimat NU juga berharap akan ada kegiatannya yang bisa dikerjasamakan dengan ISNU. "Bisa dalam tataran konsep maupun aksi," kata Bu Is.

Karena itu butuh komunikasi yang intensif. "Sehingga jangan sampai apa yang dilakukan oleh ISNU ternyata bertabrakan dengan apa yang dilakukan NU serta perangkat penunjangnya," harapnya. "Inilah pentingnya silaturahim," sambungnya. 

"Sebagai badan otonom baru, sejatinya kerap melakukan komunikasi dengan seluruh perangkat NU agar tidak terjadi benturan program maupun proyek garapan," ungkapnya. "Yang pasti, seluruh perangkat NU termasuk ISNU dapat benar-benar memaksimalkan diri untuk khidmat kepada umat," katanya. 



Redaktur    : A.Khoirul Anam
Kontributor: Syaifullah

Posisi Bawah | Youtube NU Online