IMG-LOGO
Daerah

LPPNU Kota Kraksaan Gelar Sosialisasi Masa Tanam Tembakau

Rabu 29 Mei 2013 8:43 WIB
Bagikan:
LPPNU Kota Kraksaan Gelar Sosialisasi Masa Tanam Tembakau

Probolinggo, NU Online
Dalam rangka memeriahkan Hari Lahir (Harlah) ke-90 Nahdlatul Ulama (NU), Pengurus Cabang Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kota Kraksaan menggelar kegiatan sosialisasi masa tanam tembakau tahun 2013 di Desa Jabung Wetan Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo.<>

Sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kraksaan H. Ahmad Muzammil ini dihadiri oleh Ketua PC LPPNU Kota Kraksaan Amin Subarkah, Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Mahbub Zunaidi, Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Disbunhut) Raharjo serta perwakilan gudang tembakau yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan H. Ahmad Muzammil kepada NU Online, Selasa (27/5) mengungkapkan bahwa sosialisasi masa tanam tembakau tahun 2013 ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari beberapa agenda dalam rangka memeriahkan Harlah ke-90 NU.

“Sosialisasi ini bertujuan agar petani tembakau paham dan mengerti terhadap kebutuhan gudang serta kebutuhan areal tanam sehingga dapat diantisipasi adanya keseimbangan antara suply dan demandnya,” ujarnya.

Menurut Muzammil, tembakau merupakan salah satu komoditas perkebunan yang menjadi primadona di Kabupaten Probolinggo. Tidak dapat dipungkiri, perkembangan komoditas tembakau saat ini telah menjadi sandaran hajat hidup masyarakat Kabupaten Probolinggo baik petani, pengrajang, pengusaha rokok, pedagang perantara/blandang maupun pekerja gudang.

“Mengingat begitu besarnya pengaruh kelangsungan produksi komoditas tembakau ini, perlu dilakukan suatu perencanaan yang matang tentang masa tanam dan areal tanaman tembakau pada setiap musim tanam dan kemudian menyampaikannya kepada para petani tembakau,” jelasnya.

Lebih lanjut Muzammil menjelaskan sosialisasi tersebut dimaksudkan agar petani memahami waktu masa tanam dan alokasi areal yang telah disepakati serta dapat segera disosialisasikan kepada masyarakat petani. Selain itu agar penanaman hanya dilaksanakan pada areal potensi tembakau yang telah dialokasikan.

“Paling tidak nantinya petani tembakau bisa mengendalikan luas areal tembakau sehingga tidak terjadi kelebihan produksi serta mengantisipasi dan mengurangi permasalahan pemasaran tembakau yang terjadi akibat kelebihan produksi,” terangnya.

Sosialisasi masa tanam tembakau ini diikuti oleh seluruh Ketua LPPNU Kecamatan dan kelompok tani serta pemilik lahan se PCNU Kota Kraksaan. Mereka mendapatkan beberapa materi dari narasumber yang berasal dari Dispertan, Disbunhut dan perwakilan gudang tembakau.



Redaktur     : A. Khoirul Anam
Kontributor : Syamsul Akbar

Bagikan:
Rabu 29 Mei 2013 19:30 WIB
Ansor Sewa Lahan untuk Modal Operasional Organisasi
Ansor Sewa Lahan untuk Modal Operasional Organisasi

Wonosobo, NU Online
Pengurus Ranting Ansor dan Banser di Desa Kejiwan kecamatan Wonosobo, telah mengikuti lelang tanah bengkok Desa, yang akan diolah dan hasilnya untuk kas organisasi.
<>
Keputusan mengikuti lelang bengkok ini melalui rapat lapanan anggota, yang masing-masing anggota mengeluarkan pendapatnya, setelah berjalan cukup alot maka untuk menunjang organisasi diperlukan sumber dana dari sumber lain selain iuran yang telah ada, secara bulat diputuskan untuk mengikuti lelang.

Tiap peserta lelang yang kebanyakan dari perorangan menentukan harga lelangnya di kantor desa setempat, akhirnya keputusan pemenang adalah dari Pengurus Ranting Ansor dan Banser dengan harga 7,5 juta rupiah per tahun, yang diambilkan dari kas ranting dan iuran warga NU setempat yang peduli terhadap kebesaran NU. 

"Kami menginginkan Banser mempunyai sumber dana di luar organisasi, yang diharapkan mampu menopang setiap kegiatan yang akan dilakukan, yang pada imbasnya adalah pada anggota juga mendapatkan hasil dari jerih-payahnya," Mahfudz Satkoran Banser setempat.

Banyak sudah kegiatan yang dilakukan, diantaranya penanaman pohon mahoni sekitar 500 pohon yang saat ini telah berusia 4 Bulan, yang akan dijadikan aset organisasi. 

“Ahad besok rencana dari pengurus dan anggota akan melakukan kerja-bakti untuk memupuk dan menyiangi rumput di sekitarnya," ungkap K Muhlisin tokoh NU setempat.

Tanah bengkok ini bisa ditanami tanaman perkebunan, seperti cabai, kacang, jagung dan ketela, yang diharapkan hasilnya bisa maksimal, sehingga jerih-payah ini tidak sia-sia.


Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Herry Bh 

Rabu 29 Mei 2013 18:28 WIB
STAIN Jember Beri Beasiswa Guru Madin
STAIN Jember Beri Beasiswa Guru Madin

Jember, NU Online
STAIN Jember merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Jawa Timur yang diberi kepercayaan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menyelenggarakan program beasiswa S1 Peningkatan Kualitas Guru Madrasah Diniyah (Madin). <>

Tahun ini STAIN Jember lagi-lagi diberi kepercayaan merekrut calon mahasiswa dari guru Madin dengan beasiswa. “Kita dipercaya Pemprov. Jawa Timur sudah kesekian kalinya untuk memberi bantuan guru Madin,” tukas Ketua STAIN Jember, Prof Babun Suharto usai membuka seminar di aula STAIN Jember, (28/5).

Babun menambahkan, program beasiswa tersebut merupakan bentuk kepedulian STAIN Jember untuk meningkatkan kualitas guru Madin. Sebab, dengan kualitas yang memadai, akan berdampak kepada peningkatan kualitas murid-murid Madin. 

“Jadi sumber daya manusia itu penting karena akan berpengaruh pada murid-muridnya,” jelasnya.

Humas STAIN Jember, Minan Jauhari menambahkan, ujian seleksi program beasiswa guru Madin akan dibuka tanggal 1 hingga 13 Juni mendatang. Ia berharap agar calon mahasiswa mulai bersiap-siap untuk mengikuti seleksi program tersebut. Sebab, dari semua peserta yang ikut seleksi akan dipilih 30 orang untuk dapat beasiswa. 

“Kuotanya terbatas, makanya harus dipersiapkan sebaik mungkin,” ungkapnya. 

 

Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Aryudi A Razaq

Rabu 29 Mei 2013 17:33 WIB
Unej Siap Biayai Peraih Nilai Unas Terbaik Maarif
Unej Siap Biayai Peraih Nilai Unas Terbaik Maarif

Jember, NU Online
Universitas Jember (Unej) menyatakan siap menerima sekaligus memberi bantuan beasiswa kepada Suharsih dan Lutfiatul Rahmawati, siswa SMK 02 Islam 45 Ambulu, Jember. 
<>
Kedua siswa tersebut merupakan peraih nilai Ujian Nasional (Unas) terbaik pertama dan kedua se-Jember tahun ini. Menurut Rektor Unej, H.  Muh. Hasan, pihaknya siap memberi beasiswa kepada dua lulusan lembaga di bawah naungan LP Maarif Jember itu. 

“Untuk Suharsih, nanti diberikan beasiswa luar biasa karena prestasinya luar biasa,” ujar Hasan usai menerima Suharsih dan rombongan sekolah SMK 02 Islam 45 Ambulu di ruang kerjanya, Selasa (28/5).

Seperti diketahui, sampai detik ini Suharsih dan Lutfiatul Rahmawati masih terkatung-katung nasibnya untuk melanjutkan kuliah. Keduanya malah sudah “pasrah” untuk tidak kuliah. Pasalnya, kedua siswa tersebut tidak mempunyai biaya untuk meneruskan ke jenjang perguruan tinggi walaupun prestasinya cukup membanggakan. Malah saat ini Lutfiatul Rahmawati mengikuti tes masuk pabrik mie di Gresik. 

Kabar miris tersebut langsung direspon cepat oleh Unej. “Kami gembira, semoga ini menjadi pendorong bagi anak-anak didik kami berprestasi meski mereka ekonominya terbatas,” tukas Wakil Kepala SMK 02 Islam 45 Amblu, Subiantoro seraya mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unej.

Sementara itu, Suharsih mengucapkan rasa syukurnya atas kesediaan Unej menerima dan memberinya beasiswa. Dikatakannya, dirinya ingin kuliah di jurusan akuntasi. 

“Karena itu memang hobi saya,” ucapnya.


Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Aryudi A Razaq

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG