IMG-LOGO
Daerah

Kembangkan Pengetahuan Aswaja Lewat TTS

Ahad 25 Agustus 2013 17:0 WIB
Bagikan:
Kembangkan Pengetahuan Aswaja Lewat TTS

Solo, NU Online
Berawal dari hobi mengisi TTS (Teka Teki Silang), Kang Zubad berpikir mengapa begitu jarang TTS yang mengasah pengetahuan tentang agama. Dari hal itulah, santri asal Subang tersebut kemudian memiliki ide untuk membuat TaksiNU (Teka Teka Silang NU).
<>
“Isinya kebanyakan tentang sejarah NU,” terang alumni Pesantren Al Hikam Malang ini, saat ditemui di kediamannya di daerah Laweyan Solo, Ahad, (25/8).

Menurutnya orang juga bisa belajar Aswaja dan NU melalui permainan, “Jadi memahaminya tidak mesti lewat buku yang serius,” Pengetahuan seperti nama para tokoh NU, singkatan, pesantren, dan hal yang berkaitan dengan keaswajaan dikemas dalam bentuk permainan TTS.

Rencananya buku edukasi Aswaja ini akan dibuat sebanyak 9 jilid. “Saat ini baru dalam bentuk PDF, belum kami bukukan,” ungkapnya.

Pria yang hobi menulis ini mengaku belum tertarik untuk mengkomersilkannya. “Ya, baru sekedar untuk iseng memenuhi hobi pribadi. Pernah juga ada yang memesan, belum lama ini salah satunya dari IPNU Kab. Malang,” katanya.

Melalui TTS ini, Zubad mengatakan warga Nahdliyyin pada khususnya bisa bermain sekaligus belajar tentang ke-NU-an, “diharapkan mereka bisa memahami apa itu NU beserta pernak-perniknya secara sederhana,” pungkasnya.


Redaktur    : Mukafi Niam
Kontributor: Ajie Najmuddin

Tags:
Bagikan:
Ahad 25 Agustus 2013 23:0 WIB
HUT KE-68 RI
Pelajar NU Kumbo Ikuti Karnaval Kemerdekaan
Pelajar NU Kumbo Ikuti Karnaval Kemerdekaan

Rembang, NU Online 
Puluhan pelajar NU yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Ranting Desa Kumbo Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang, Jawa Tengah mengikuti karnaval peringatan HUT Kemerdekaan Ke-68 RI, pada Kamis (22/8) lalu. 
<>
Pimpinan Ranting IPNU Desa Kumbo M. Aan Ainun Najib mengatakan, pelajar NU sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Walaupun terik matahari sangat menyengat, para peserta mengikuti acara sampai selesai. Acara ini terselenggara berkat kerjasama Ranting IPNU-IPPNU dan Karang Taruna Desa Kumbo.

Aan juga menjelaskan ini adalah wujud bakti kita kepada bangsa, wujud nasionalisme dan patriotisme bela negara. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini generasi muda dapat lebih aktif dalam mewujudnyatakan pembangunan Bangsa.

“Sebagai langkah sosialisasi kita kepada masyarakat, kami juga membagikan lembaran informasi tentang Ranting Kumbo. Lembaran tersebut berisikan, sejarah berdirinya Ranting Kumbo, tujuan berdiri, fungsi IPNU-IPPNU, syarat perekrutan kader baru dan cara pendaftaran. Dengan adanya kegiatan ini kami harapkan pengkaderan pelajar NU tidak akan putus”, tambahnya.

“Rencana kami ke depan ingin menyelenggarakan pelatihan komputer gratis untuk para rekan dan rekanita IPNU-IPPNU Ranting Kumbo. Kami akan bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Komputer (LPK) Yayasan Bina Dhuafa Indonesia,” harapnya. 

Wafa’udin selaku ketua Karang Taruna Desa Kumbo mengatakan, keikutsertaan para Pelajar NU membuat tambah meriah acara ini. Walaupun perencanaan acara ini sangat singkat, tetapi penyelenggaraannya cukup meriah. Bukan hanya pelajar NU yang meriahkan acara ini, ada pula dari SD, MI, MTs dan SMK Kumbo, mereka sangat antusias mengikuti acara sampai selesai.

Wafa’udin yang juga sebagai Ketua Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR) Desa Kumbo menambahkan, kami juga menyediakan seratus nasi bungkus untuk para peserta, baik Karang Taruna maupun IPNU-IPPNU.

Dan pada malam harinya, juga diselenggarakan Pagelaran Ketoprak sebagai wujud pelestarian budaya jawa. Acara ini diselenggarakan selama semalam suntuk. 


Redaktur    : Abdullah Alawi 
Kontributor: M. Syahri DM

Ahad 25 Agustus 2013 22:0 WIB
IPNU Majalengka Gelar Konfercab V
IPNU Majalengka Gelar Konfercab V

Majalengka, NU Online 
Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Kabupaten Majalengka menyelenggarakan Konferensi Cabang ke V di Pondok Pesantren Al Mizan asuhan KH. Maman Imanulhaq, Jatiwangi Majalengka, Jawa Barat pada Sabtu-Ahad (24-25/8). 
<>
Ketua PC IPNU Majalengka Aris Prayuda mengungkapkan, selain evaluasi kepengurusan selama dua tahun ke belakang melalui forum pembahasan LPJ, kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan regenerasi kepengurusan dan kepemimpinan pelajar NU Majalengka. 

Juga dibahas tentang berbagai rencana umum untuk pengembangan IPNU ke depan, khususnya bidang kaderisasi dan penguatan kelembagaan organisasi. 

Harapannya, kata dia, IPNU di Majalengka semakin maju dengan program-program yang langsung menyasar segmentasi pelajar dan santri sebagai fokus garapan IPNU secara terencana, terukur, dan terarah. 

Puncak Konfercab V IPNU Kabupaten Majalengka memilih dan menetapkan Deni Juhana secara aklamasi sebagai ketua PC IPNU Kabupaten Majalengka periode 2013-2015. 

Konfercab tersebut dibuka Ketua PCNU Majalengka KH. Harun Bajuri. Hadir pada kesempatan itu Ketua PW IPNU Jawa Barat Acep K. Hidayat Susanto, Ketua DPD KNPI Majalengka, sejumlah tokoh alumni IPNU Majalengka, serta 10 pengurus PAC dan 5 pengurus Komisariat. 


Redaktur     : Abdullah Alawi 
Kontributor : Asep Irfan Mujahid

Ahad 25 Agustus 2013 20:0 WIB
Anggota DPRD Terbukti Korupsi Dana Masjid
Anggota DPRD Terbukti Korupsi Dana Masjid

Bekasi, NU Online
Kejaksaan Negeri Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengaku memiliki bukti kuat terkait dengan dugaan kasus korupsi dana pembangunan masjid oleh oknum legislator setempat berinisial TIH.
<>
"Dana pembangunan masjid itu bersumber dari bantuan sosial pada tahun anggaran 2011--2012 senilai Rp600 juta," kata Kasi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Cikarang Evan Satria di Cikarang, Sabtu.

Ia mengatakan, dalam kurun waktu 2011 hingga 2012, anggaran yang dikucurkan dari Pemerintah Kabupaten Bekasi sekitar Rp1,2 miliar.

"Namun, pada pelaksanaannya, anggaran tersebut dipotong oleh tersangka Rp600 juta sebagaimana keterangan saksi-saksi yang sudah dilakukan pemeriksaan," katanya.

Menurut dia, pemotongan dana tersebut berdampak terhadap fisik bangunan Masjid Raudhatul Jannah Cikarang Utara yang hingga kini pembangunannya tidak kunjung usai. 

 

Redaktur: Mukafi Niam
Sumber  : Antara

IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG