IMG-LOGO
Daerah

Lestarikan Tradisi, MWCNU Paiton Gelar Lomba Seni Hadrah


Rabu 20 November 2013 11:06 WIB
Bagikan:
Lestarikan Tradisi, MWCNU Paiton Gelar Lomba Seni Hadrah

Probolinggo, NU Online
Dalam rangka untuk melestarikan tradisi dan menyemarakkan tahun baru Islam 1435 H, Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur menggelar lomba seni hadrah di Pesantren Darul Ulum. Lomba ini digelar sebagai upaya untuk mengangkat kembali dan mengembangkan keberadaan kesenian tradisional tersebut.
<>
Lomba hadrah ini diikuti oleh jam’iyah hadrah pilihan dengan sholawat dan qosidah yang menyejukkan qolbu. Peserta lomba hadrah ini tampil memukau, seru dan atraktif, serta mampu memberikan hiburan kepada warga sekitar Pesantren Darul Ulum.
 
Ketua Tanfidziyah MWCNU Kecamatan Paiton Moh. Barzan Ahmadi, Selasa (19/11) mengungkapkan lomba seni hadrah ini digelar dengan tujuan untuk terus melestarikan kesenian tersebut yang dinilai saat ini sudah mulai berkurang peminatnya, khususnya dari kalangan generasi muda.
 
“Untuk itulah kami berharap agar generasi muda NU mau untuk mempelajari kesenian seni hadrah, dimana dalam kesenian tersebut banyak sekali terselip nilai-nilai positif, baik itu nilai budaya, nilai sosial serta nilai-nilai keagamaan,” ungkapnya.
 
Menurut Barzan, lomba ini dimaksudkan sebagai upaya MWCNU Kecamatan Paiton dalam melakukan pembinaan terhadap grup-grup seni hadrah, khususnya yang ada di Kecamatan Paiton. “Dengan adanya kegiatan semacam ini, grup seni hadrah akan terus eksis dalam menampilkan bakat dan potensi terbaiknya,” jelasnya.
 
Melalui lomba ini Barzan berharap agar perkumpulan seni hadrah yang ada di Kecamatan Paiton ini dapat terus lestari serta tetap mendapat tempat di tengah-tengah masyarakat. “Minimal dengan lomba ini, keberadaan dan aktivitas grup seni hadrah akan terus hidup dan lestari di tengah-tengah perkembangan zaman yang sudah semakin maju,” harapnya. (Syamsul Akbar/Mahbib)

Bagikan:
IMG
IMG