Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

600 Mushalla di Bondowoso Dapat Dana Pembinaan

600 Mushalla di Bondowoso Dapat Dana Pembinaan

Bondowoso, NU Online
Sampai dengan bulan ini, sedikitnya 600 mushalla di Bondowoso, Jawa Timur, telah menerima dana pembinaan sebesar Rp. 1,5 juta. Selain untuk pembinaan, dana tersebut juga bisa digunakan untuk rehabilitasi gedung mushalla.
<>
Menurut Kepala Dinas Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso Abdul Muthallib, dana hibah tersebut merupakan bentuk perhatian Pemkab Bondowoso terhadap lembaga keagamaan yang ada.

“Kita perhatikan mushalla dengan mengalokasikan anggaran tiap tahun,” ujarnya di Bondowoso, Kamis, (21/11).

Muthallib menambahkan, mushalla merupakan lembaga agama yang mempunyai peran penting dalam pengajaran al-Quran dan pembinaan generasi muda. Sehingga, wajib hukumnya bagi pemerintah Bondowoso untuk memberikan dana pembinaan. “Itu komitmen Bapak Bupati sejak awal,” tukasnya.

Kendati demikian, tidak semua mushalla menerima dana pembinaan itu. Sebab, untuk memperoleh dana tersebut, Pemkab mengajukan syarat hanya mushalla yang ada santrinya. Selain karena dananya terbatas, juga untuk menghargai upaya pemilik mushalla yang telah susah payah mendidik santri untuk tahu membaca al-Quran.

“Bukan bararti kami tidak menghargai mushalla yang tidak ada santrinya, karena mushalla ini tetap bermanfaat untuk tempat ibadah,” ucapnya seraya menambahkan bahwa  perubahan anggaran keuangan (PAK) Kabupaten Bondowoso tahun ini mengalokasikan dana untuk mushalla. (Aryudi A. Razaq/Mahbib) 

BNI Mobile