IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Santri Windan Kaji “Islam Kosmopolitan”


Sabtu 28 Desember 2013 02:30 WIB
Bagikan:
Santri Windan Kaji “Islam Kosmopolitan”

Sukoharjo, NU Online
Menjelang peringatan haul ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Pondok Pesantren Al-Muayyad Windan Makamhaji Sukoharjo, Jawa Tengah, mengadakan kajian buku “Islam Kosmopolitan: Nilai-nilai Indonesia dan Transformasi Kebudayaan” karya Gus Dur.
<>
Buku berisi kumpulan artikel-artikel panjang Gus Dur tersebut dikaji secara maraton oleh para santri di Aula Pesantren Windan, selama dua hari (24-25/12).

Dalam sambutannya, Pengasuh Pesantren Windan KH M Dian Nafi’ mengatakan buku ini mesti dikaji para santri. “Sebab artikel-artikel inilah yang juga ikut melambungkan posisi pesantren secara keilmuan,” terangnya.

Dijelaskan oleh mantan Ketua PCNU Solo itu, dengan belajar buku “Islam Kosmopolitan” ini pesantren diharapkan dapat menjadi tonggak fondasi bagi terbentuknya kemajuan keilmuan Islam. “Juga untuk masuk ke ruang publik secara maju dan bermartabat,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, 30 artikel Gus Dur dikaji bersama para narasumber ahli. Beberapa sub-tema yang dibahas, di antaranya, berjudul Universalisme Islam dan Kosmopolitan Peradaban Islam, Pesantren Sebagai Sub-Kultur, serta NU dan Islam di Indonesia Dewasa ini.

Kiai Dian menambahkan, kajian ini menjadi kegiatan rutin yang selalu digelar menjelang akhir tahun. “Setiap akhir tahun kita membahas satu buku atau pemikiran para tokoh ulama Islam,” ungkapnya. (Ajie Najmuddin/Mahbib)

Bagikan:
IMG
IMG