Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ketua PAC GP Ansor di Rembang Disyaratkan Lulusan PKD

Ketua PAC GP Ansor di Rembang Disyaratkan Lulusan PKD

Rembang, NU Online
Setiap pemuda NU yang hendak menjadi Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, wajib melewati terlebih dahulu proses Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD).
<>
Hal itu disampaikan Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Rembang Sumarsono Segeng di Gedung PCNU setempat dalam rapat kordinasi ketua PAC, Kamis (27/12).

Sumarsono mengatakan, jika pengurus PAC saja harus mengikuti PKD, apalagi yang menjabat sebagai ketua. Dengan demikian bursa pencalonan ketua pada konferensi cabang (konfercab) hanya melibatkan para lulusan pendidikan kader dasar itu.

Terkait kaderisasi, pihaknya mengupayakan PKD di Rembang selesai pada akhir Januari 2014. Pasalnya pada awal Februari, PC GP Ansor Rembang akan mengajukan kepada Pimpinan Wilayah GP Ansor Jawa Tengah untuk segera menyelenggarakan Pelatihan Kader Lanjutan PKL.

Pelatihan kader, kata Sumarsono, baik PKD sampai PKL, menjadi permasalahan yang sering dihadapi setiap pengurus cabang. Pada saat konfercab digelar banyak PAC yang kerap tidak mendapatkan hak suara karena terbentur pelatihan kader dasar.

Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Gunem Sadam mengaku, dirinya senang jika ada pelatihan kader dasar bagi ketua dan anggota di tingkat PAC. Meski dirinya baru menjabat dan belum mengikuti PKD, dia siap jika pengkaderan paling dasar diberlakukan untuk dirinya dan ketua PAC yang lain. (Ahmad Asmu’i/Mahbib)

BNI Mobile