Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Pesantren Sarang Terima Kunjungan Menko Perekonomian

Pesantren Sarang Terima Kunjungan Menko Perekonomian

Rembang, NU Online
Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang KH Maemun Zubair menerima kunjungan Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia Ir HM Hatta Radjasa (10/1), siang. Di pesantren yang kerap disebut Pondok Sarang ini Hatta Radjasa didaulat menandatangani prasasti peresmian gedung baru Madrasah Tsanawiyah Al-Anwar.
<>
Gedung baru berjumlah 12 lokal tersebut merupakan wakaf pribadi Hatta Radjasa. Besan Presiden SBY berjanji akan terus membantu pondok pesantren kendati tak lagi menjabat sebagai menteri. “Saya tidak akan berhenti, apapun kapasitas saya, akan selalu membantu pesantren,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, pesantren yang berada di Desa Karangmangu Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang, Jawa Tengah ini menggelar peringatan hari lahir (Harlah) pesantren Al-Anwar ke-47 (9/1).

Para alumni dari berbagai daerah pun berbondong-bondong memeriahkan harlah tersebut. KH Ali Makhtum (57), salah seorang alumnus tahun 1979 asal Pati yang kini menjabat Wakil Kepala MA di daerahnya, mengaku datang bersama rombongan untuk sowan kepada Sang Guru tercinta, Mbah Maemun.

Dalam sambutan singkatnya, KH Maemun Zubair menegaskan dirinya merasa dekat dengan Hatta Radjasa sejak era Reformasi 1998 hingga sekarang. Padahal, diakuinya ia berbeda dengan sang menteri.

Meski demikian, Musytasyar PBNU ini mengaku memiliki kesamaan dengan kader Muhammadiyah yang juga Ketua Umum PAN itu. “Saya ini beda dengan Pak Hatta, tapi sama. Lebih baik berbeda tapi sama daripada sama tapi berbeda,” ujar kiai kharismatik ini berfilosofi.

Pesantren Al-Anwar, lanjut Mbah Mun, terus mengalami pengembangan dan pembenahan baik secara fisik maupun nonfisik. Kini, diusianya yang ke-47 Pondok Sarang telah memiliki tiga cabang pendidikan, yakni nonformal (salaf), formal yang terangkum mulai TK, MI, MTs, hingga MA dengan jumlah santri hampir 2000 orang. Selain itu, Al-Anwar juga membuka perguruan tinggi keagamaan strata satu.

“Harapan saya, semoga peresmian gedung baru MTs ini bisa bermanfaat dunia akhirat. Kita doakan Pak Hatta panjang umur dan kelak ketika sudah meninggal memiliki warisan yang dikenang umat,” pungkas Mbah Mun. (Ali Musthofa Asrori/Mahbib)

BNI Mobile