IMG-LOGO
Daerah

Di Jombang, Ratusan Pelajar Ikuti Seleksi Pesantren Kilat


Rabu 14 Mei 2014 09:03 WIB
Bagikan:
Di Jombang, Ratusan Pelajar Ikuti Seleksi Pesantren Kilat

Jombang, NU Online
Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Jombang Jawa Timur menggelar tes tulis masuk kegiatan pesantren kilat (Satlat) bagi pelajar yang baru lulus pendidikan tingkat SMA/SMK/MA. Pada tes yang berlangsung di kawasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras, Jombang, Selasa (13/5) ini diikuti oleh 450 peserta.
<>
Ketua PC GP Ansor Jombang, H. Zulfikar Damam Ikhwanto mengungkapkan, kegiatan Sanlat merupakan ikhtiyar GP Ansor beserta sejumlah elemen muda Nahdlatul Ulama, seperti PMII, ISNU, Fatayat NU dan IPNU serta IPPNU, guna menyongsong pemenuhan kebutuhan kader NU di masa datang. "Tujuannya untuk mengatasi kebutuhan kader NU di masa mendatang," katanya.

Dia menjelaskan, ratusan peserta tes yang datang dari wilayah Jombang, Kediri, Mojokerto dan Nganjuk itu akan diseleksi menjadi 60 peserta yang akan terlibat dalam pesantren kilat. Keenam puluh peserta Sanlat akan menjalani masa pemondokan selama satu bulan dan menerima pembekalan, baik materi akademik maupun non-akademik.

Pada materi non-akademik, peserta Sanlat digembleng dengan materi tentang NU dan Ahlussunnah wal Jamaah. Sedangkan, pembekalan akademik diorientasikan pada materi untuk menyongsong pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri. "Salah satu targetnya, para santri Sanlat bisa lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri," kata Zulfikar.

Masa pemondokan bagi santri Sanlat, tambahnya, akan dilaksanakan di Pesantren Darul Ulum Rejoso Jombang. Gemblengan bagi santri Sanlat, diharapkan bisa membantu para santri untuk menjadi tenaga profesional yang memiliki ikatan dengan Nahdlatul Ulama. "Ini untuk memenuhi kebutuhan kader NU yang profesional dari berbagai disiplin ilmu," tandas karyawan Pemkab Jombang ini. (Syafullah/Mahbib)

Bagikan:
IMG
IMG