Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

52 Pelajar Aliyah Hasyim Asy’ari Jalan Kaki ke Makam Sunan Kudus

52 Pelajar Aliyah Hasyim Asy’ari Jalan Kaki ke Makam Sunan Kudus

Kudus, NU Online
Setelah dinyatakan lulus, sebanyak 52 pelajar MANU Hasyim Asy’ari 02 Kudus menunaikan nadzar berjalan kaki menuju makam Sunan Kudus, Selasa (20/5) malam. Secara bersama-sama, mereka menyusuri jalan raya sejauh sekira 10 km dari halaman madrasah hingga masjid Menara Kudus.
<>
Menurut seorang siswi MANU Hasyim Asy’ari 02 Kudus Mustabsyiroh, pelaksanaan nadzar merupakan bentuk rasa syukur atas hasil Ujian Nasional (UN) kemarin. Di samping itu, doa dan ziarah ke makam Sunan Kudus menjadi bentuk luapan ekspresi kegembiraan para pelajar.

“Kita senang bisa lulus seratus persen. Jadi kita nyatakan dengan jalan santai menuju makam Masjid Menara,” kata Syiroh sapaan Mustabsyiroh kepada NU Online sebelum berangkat.

Mereka bergerak dari halaman madrasah pukul 19.00. Mereka tiba di Menara Kudus pukul 21.00. Setiba di lokasi, mereka melepas penat sejenak sebelum membaca tahlil secara berjamaah.

“Karena gembira, kita berjalan penuh semangat tanpa terasa capek. Insya Allah, kita nanti juga jalan kaki pulang pergi,” tambah Syiroh.

Wakil kepala bidang kesiswaan madrasah Hasyim Asy’ari 02 Kudus Imron Rosyidi mengapresiasi tindakan siswa-siswi lulusan kelas XII jurusan IPS ini. Ia hanya berpesan supaya hati-hati dan menjaga etika serta nama baik almamater.

“Madrasah tidak mengagendakan program jalan kaki. Ini inisaitif keinginan anak-anak sendiri. Kita sudah mewanti-wanti supaya hati-hati di jalan,” katanya.

Imron menjelaskan, hasil kelulusan 100% para siswa diberikan kepada wali murid di aula madrasah Selasa (15/5) sore. Kepada siswa-siswi, ia berdoa agar mereka bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi.

“Raihlah cita-cita, kuliah di perguruan tinggi atau  mondok di pesantren. Bila tidak, hendaklah kalian bekerja. Yang penting tidak menganggur,” harapnya.

Pada tahun ajaran baru ini, MANU Hasyim Asy’ari 02 Kudus akan membuka program jurusan IPA dan IPS dengan program ekstra teknik otomotif (sepeda motor), elektronika, dan komputer grafis. (Qomarul Adib/Alhafiz K)

BNI Mobile