IMG-LOGO
Daerah

PMII UM Gelar Aksi Berbagi dengan Pengemis dan Tukang Parkir

Sabtu 19 Juli 2014 9:7 WIB
Bagikan:
PMII UM Gelar Aksi Berbagi dengan Pengemis dan Tukang Parkir

Malang, NU Online
Sejumlah kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Al-Biruni, Komisariat Sunan Kalijaga Universitas Negeri Malang (UM) mengisi bulan Ramadhan ini dengan aksi berbagi kepada mereka yang membutuhkan di sejumlah titik di sekitar kampus setempat, Malang, Jawa Timur, Jumat (18/7) sore.
<>
Para mahasiswa ini membagi-bagikan santapan berbuka puasa kepada pengemis, tukang parkir, penyapu jalan, dan orang yang biasaya membantu para penyeberang jalan, antara lain di sekitar perempatan ITN, Jalan Bendungan Sutami dan sepanjang Jalan Veteran.

Mereka memulai aksinya mulai pukul 16.00 hingga 17.20 WIB. Para kader PMII ini mengaku melakukan kegiatan ini atas dasar kepedulian terhadap lingkungan sosial guna mempererat tali persaudaraan.

“Alhamdulillah sahabat-sahabati antusias dan tetap semangat membagikan makanan berbuka walau mereka juga sedang berpuasa. Mereka juga ingin menunjukkan wujud kepeduliaan terhadap saudara-saudara mereka yang terlantar di jalan dan kekurangan” kata Ketua Rayon Al-Biruni Ridwan.

“Dengan kegiatan ini, kader PMII Al-Biruni berharap agar kader-kader yang lain juga melakukan aksi nyata untuk membantu saudara-saudara kita yang kekurangan, tidak harus demo turun ke jalan,” tambahnya. (Ella Jayahuda Prasety/Mahbib)

Bagikan:
Sabtu 19 Juli 2014 22:36 WIB
Santri Nuris Diberi Penyuluhan Narkoba
Santri Nuris Diberi Penyuluhan Narkoba

Jember, NU Online
Narkoba sekarang tidak hanya mengincar masyarakat umum, tapi pelajar juga menjadi target pengguna oleh para pengedar barang haram tersebut. Itulah sebabnya, dalam rangkaian kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS), lembaga-lembaga di lingkungan pesantren Nuris, diberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba.
<>
Menurut salah seorang pengasuh Nuris, Abdurahman, SH., pihaknya sengaja menjadwalkan sesi  penyuluhan narkoba dalam rangkaian MOS. “Sebab, santri saat ini juga tak  luput dari bahaya penyalahgunaan narkoba,” tukasnya di Nuris, Sabtu (19/7).

Dalam sesi penyuluhan narkoba tersebut, panitia MOS mengundang dua narasumber dari Polres Jember, yaitu Aiptu Drs. Andi G., dan Aiptu Juni TH. Menurut Andi, narkoba merupakan salah satu kejahatan luar biasa yang mendapat atensi khusus dari polisi untuk diberantas.

Sebab, kata dia, penyalahgunaan narkoba, telah mengakibatkan jutaan remaja mati sia-sia. “Kalaupun tidak mati, hidup pemakai narkoba sudah tidak normal, masa depannya sudah hancur,” tukasnya.

Ia mewanti-wanti agar siapapun tidak coba-coba untuk memakai narkoba. Sebab, sekali memakai akan terdorong untuk mencoba dan mencoba lagi. Begitu seterusnya. Dikatakannya, narkoba mengandung zat yang bikin pemakainya ketagihan. “Kalau sudah ketagihan, sulit menyembuhkannya. Sangat sulit,” ujarnya.

Penyuluhan narkoba tersebut diikuti oleh para pengurus pesantren Nuris, dan 700 murid baru dari SMP, MTs., SMA, SMK dan MA. Kelima lembaga formal tersebut berada satu komplek dalam pondok pesantren Nuris. (aryudi a razaq/abdullah alawi)

Sabtu 19 Juli 2014 19:2 WIB
Nahdliyin Bangkalan Doakan Gaza dalam Nuzulul Quran
Nahdliyin Bangkalan Doakan Gaza dalam Nuzulul Quran

Bangkalan, NU Online
Warga NU Bangkalan mengisi peringatan Nuzulul Quran dengan istighotsah yang dipimpin Mustasyar NU Bangkalan KH Syarifuddin Damanhuri untuk perdamaian di jalur Gaza, Kamis (17/7). Difasilitasi PCNU Bangkalan, mereka melantunkan doa bersama yang dipandu Habib Sholeh Ali Smith dan Ketua PCNU KHR Fachrillah Ascahall di Masjid Agung Bangkalan.
<>
Ketua panitia, KH Makki Nasir menyatakan rasa syukur atas penyelanggaraan Nuzulul Quran pertama oleh PCNU Bangkalan. “Meski perdana, Alhamdulillah pengurus NU mulai dari tingkat cabang hingga ranting hadir. Penyelenggaraan ini murni hasil swadaya murni warga NU sekabupaten Bangkalan.”

Sementara Ketua PCNU Jember KH Abdullah Syamsyul Arifin yang hadir sebagai penyampai taushiyah membahas penekanan pengamalan Al-Qur’an dalam hidup keseharian. Segala aktivitas yang dilandasi nilai-nilai Al-Quran akan menghasilkan sebuah manfaat besar.

“Al-Quran harus membudaya dalam sikap keseharian di tengah lingkungan kita,” kata Kiai Abdullah.

Di akhir taushiyah, ia mengimbau warga NU tidak terprovokasi terkait pilpres. Menurutnya,  tugas warga NU sudah selesai dengan memilih Capres-Cawapres sesuai kecocokan hati masing-masing.

“Jangan beraksi dan bertindak terkait ajakan-ajakan sebagai akibat dari keputusan penetapan hasil Pilpres nanti,” tandas Kiai Abdullah. (Supandi/Alhafiz K)

Sabtu 19 Juli 2014 18:2 WIB
Warga Bintan Haulkan Sayid Alwi Al-Maliki dan Kiai Faqih
Warga Bintan Haulkan Sayid Alwi Al-Maliki dan Kiai Faqih

Bintan, NU Online
Mengawali peringatan haul ke-10 Sayid M Alwi Al-Maliki dan haul KH Abdullah Faqih Gresik, puluhan warga Bintan melangsungkan tahlil akbar, Khotmil Quran, Tarawih berjamaah. Pada kesempatan yang sama, mereka mengikuti pembacaan maulid Simtud Duror yang dipandu jamaah Rijalul Ansor Bintan di pesantren Mambaus Sholihin, Bintan, Jumat (18/7).
<>
Tampak hadir dalam haul ini Katib Syuriyah PCNU Bintan, Ketua GP Ansor, Pagar Nusa Bintan, dan puluhan warga nahdliyin. Haul seperti ini sudah rutin tahunan diadakan di pesantren Mambaus Sholihin Pusat di Gresik.

“Sementara untuk di pesantren Mambaus Sholihin cabang Bintan, haul ini merupakan kali pertama digelar setelah pesantren diresmikan langsung oleh KH Masbuhin Faqih Gresik pada Mei 2014,” kata Kiai Ahmad Nukhan selaku pengasuh Mambaus Sholihin Bintan.

Pada Ramadhan tahun ini, pesantren Mambaus Sholihin membuka pengajian kitab Arbain Nawawi dan kitab Attahdzib min Adillatit Taqrib. (Red. Alhafiz K)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG