IMG-LOGO
Daerah

Undangan Terbuka, Silaturahim Kebangsaan di UGM Malam Ini

Kamis 4 September 2014 7:14 WIB
Bagikan:
Undangan Terbuka, Silaturahim Kebangsaan di UGM Malam Ini

Yogyakarata, NU Online
Jaringan Islam Rahmatan lil ‘Alamin Universitas Gadjah Mada (UGM) berencana mengadakan halal bihalal dan tabligh akbar Silaturahim Kebangsaan bertema “Mewujudkan Dakwah Islam yang Rahmatan lil ‘Alamin” di Masjid Kampus UGM, Kamiis (4/9) malam ini, pukul 19.00 WIB.
<>
Kegiatan yang digagas sekelompok mahasiswa UGM dari kalangan Islam moderat ini bertujuan untuk menjunjung nilai-nilai Islam sebagai agama (ad-din) yang rahmatan lil ‘alamin. Acara yang pertama kali diadakan di Masjid Kampus UGM ini terbuka untuk umum dan gratis.

“Kegiatan ini juga berusaha mengembalikan wacana UGM sebagai Kampus Pancasila dan menjadi titik awal untuk mendakwahkan Islam yang sesuai dengan kultur masyarakat Indonesia yang heterogen” kata Mukhanif Yasin Yusuf, salah satu penggagas.

Kegiatan ini rencananya menghadirkan Alissa Wahid, putri almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), dan Rektor UGM Prof Dr Pratikno, M.Soc. Di samping mengundang pula KH Muwafiq, ulama dan budayawan; serta Ahmad Hadidul Fahmi Lc, alumni tafsir dan ulumul qur’an Universitas Al Azhar, eks Ketua Lakpesdam PCINU Mesir. (Mukhanif YY/Mahbib)

Bagikan:
Kamis 4 September 2014 22:2 WIB
PCNU Ngawi Gelar Pelatihan Kader Penggerak NU
PCNU Ngawi Gelar Pelatihan Kader Penggerak NU

Ngawi, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Ngawi tengah mempersiapkan Pelatihan Kader Penggerak NU yang rencananya diselenggarakan di akhir September, Sabtu-Ahad (27-28/9). Sejumlah fasilitator dari PBNU menyatakan siap hadir dalam pelatihan untuk angkatan I ini.
<>
Koordinator pelatihan Syamsul Wathoni saat rapat sosialisasi persiapan pelatihan mengatakan, pelatihan ini sengaja diadakan untuk mendorong gerakan sosial kegamaan yang agak lesu di Ngawi.

“Dengan pelatihan ini, peserta memiliki bekal yang cukup untuk menggerakkan NU dan masyarakat di desa-desa,” ujar Syamsul Wathoni yang biasa dipanggil Thoni di Kantor NU Beran, Ngawi, Rabu, (3/9).

Pelatihan ini, Thoni menambahkan, dihadirkan juga dalam rangka merespon persoalan yang dihadapi para pengurus dan warga NU di Ngawi atas perebutan masjid dan mushola oleh kelompok Wahabi.

“Kita ingin peserta pelatihan kader penggerak ranting NU di pedesaan memiliki kualitas SDM yang memadai,” tandas Thoni. (Agus Susanto/Alhafiz K)

Kamis 4 September 2014 21:3 WIB
Pelajar MA Sultan Agung Donorkan Darah di Kodim Pati
Pelajar MA Sultan Agung Donorkan Darah di Kodim Pati

Pati, NU online
Sebanyak 28 pelajar yang terdiri atas unsur IPNU-IPPNU dan PMR MA Sultan Agung Sukolilo melakukan aksi kepedulian sosial. Mereka secara suka rela mendonorkan darah di aula Kodim IV/Diponegoro kabupaten Pati.
<>
Anggota PK IPPNU MA Sultan Agung Mega Sabrina menganggap perlunya aksi donor darah oleh kalangan pelajar ini secara rutin sedikitnya setiap tahun.

“Aksi ini mendidik secara konkret akan kepedulian sosial. Kami juga akan dengan giat mengajak teman-teman agar mau turut serta dalam kegiatan donor darah,” terang Mega yang kini diamanahkan sebagai Ketua PMR MA Sultan Agung di aula Kodim Pati, Rabu, (3/9).

Serma Prayuda, salah seorang koordinator panitia donor darah menyatakan terima kasih kepada seluruh peserta donor darah terutama kepada anggota Komisariat IPNU-IPPNU dan PMR MA Sultan Agung Sukolilo.

“Mereka dengan inisiatifnya telah membantu suksesnya kegiatan ini,” ujar Serma.

Selain mereka, warga Pati juga terlibat sebagai relawan donor darah pada kesempatan ini. (Moh Syamsul Arifin/Alhafiz K)

Kamis 4 September 2014 20:3 WIB
Banyak Tanah Wakaf Tak Bertuan di Bojonegoro
Banyak Tanah Wakaf Tak Bertuan di Bojonegoro

Bojonegoro, NU Online
Staf bagian wakaf Kemenag Bojonegoro Imam S Sudibyo menyebutkan lebih dari 60%  tanah wakaf di Bojonegoro belum bersertifikat. Ketiadaan sertifikat ini, Imam menyayangkan, mengandung risiko gugatan oleh ahli waris atau penyalahgunaan tanah wakaf itu sendiri.
<>
Hingga tahun 2014 ini baru ada sebanyak 629 Akta Ikrar Wakaf. Padahal di Kabupaten Bojonegoro terdapat ribuan titik tanah wakaf yang digunakan untuk kegiatan pendidikan, peribadatan, dan kegiatan sosial.

"Kalau tidak segera diurus sertifikatnya, tanah wakaf itu bisa berpindah tangan ke orang lain," jelas Imam kepada NU Online.

Sementara Wakil Sekretaris PCNU Bojonegoro M Zainudin Asyhari telah menyebarkan undangan rapat kepada segenap pengurus MWCNU di Bojonegoro. Pada Selasa 16 September mendatang, PCNU akan memimpin rapat perihal sertifikat tanah wakaf.

"Kemarin, LWPNU Jawa Timur juga datang ke Bojonegoro untuk sosialisasi sertifikasi tanah wakaf yang akan diadakan pada 21 September di Kantor NU, bergabung PCNU dan MWCNU Tuban," ungkap Zainudin. (M Yazid/Alhafiz K)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG