IMG-LOGO
Daerah

Atasi Pendanaan Organisasi, PCNU Jember Tarik Iuran Warga


Senin 8 September 2014 22:03 WIB
Bagikan:
Atasi Pendanaan Organisasi, PCNU Jember Tarik Iuran Warga

Jember, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jember merencanakan pemungutan iuran bagi pengurus, simpatisan, dan warga NU yang berkecukupan. Mereka akan membentuk lembaga khusus yang akan menarik secara berkala, mengumpulkan, dan mengelola dana iuran tersebut.
<>
"Saya dan mungkin juga penguus  yang lain, berkeinginan kita punya sumber pendanaan yang rutin, khususnya untuk operasional kantor. Syukur alhamdulillah kalau mungkin membantu pendanaan kegiatan-kegiatan NU sehingga tidak usah mencari donatur ke sana-ke mari," ujar Rais Syuriyah PCNU Jember KH Muhyiddin Abdusshomad di kantor NU Jember, Ahad (7/9).

Dana kerap menjadi persoalan bagi sebuah lembaga, termasuk NU. Bahkan, Kiai Muhyiddin mengatakan, tidak jarang untuk menyelenggarakan sebuah kegiatan, panitia harus  mencari sumbangan atau donatur ke mana-mana. Dampaknya NU tidak bisa mandiri karena sudah terbiasa mengandalkan donatur.

"Maka mulai sekarang kita harus berusaha berdiri di atas kaki sendiri, dengan memberikan sumbangan seihklasnya kepada NU. Jadi kita harus bertanya, apa yang telah saya sumbangkan kepada NU. Bukan apa yang telah disumbangkan NU untuk kita," tuturnya.

Kiai Muhyidin meyakini rencana penarikan iuran akan berjalan sukses. Dijelaskannya, sesungguhnya cukup banyak warga NU, terutama pengurus yang hidupnya lebih dari cukup, sehingga untuk memberikan sumbangan rutin ke kas NU, bukan sesuatu yang sulit.

"Pengurus NU dan warga NU, banyak yang kaya. Mereka jadi pejabat, pengusaha, politisi, dosen, dan sebagainya. Mereka pasti mau menyumbang tiap bulan, misalnya. Cuma, kita sebagai pengelola, wajib jujur, transparan, dan amanah dalam mengelola dana itu. Jika tidak, habislah kita," ucapnya. (Aryudi A Razaq/Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG