KH Hasyim Muzadi Terima Gelar Doktor Honoris Causa

KH Hasyim Muzadi Terima Gelar Doktor Honoris Causa

Surabaya, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH A Hasyim Muzadi akan menerima gelar kehormatan Doktor Honoris Causa di bidang Peradaban Islam dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur, pada 2 Desember mendatang.

“Gelar kehormatan itu, kami berikan atas pengabdian beliau dalam membangun peradaban Islam dengan mengadakan Konferensi Ulama dan Cendekiawan Muslim se-Dunia (ICIS),” ujar Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya Ridlwan Nasir di Surabaya beberapa waktu lalu.

<>

Selain itu, katanya, Ketua Umum PBNU yang akrab disapa Cak Hasyim itu, juga berperan dalam membantu resolusi konflik di Thailand Selatan dan kini menjadi Presiden Konferensi Agama untuk Perdamaian (World Conference on Religion for Peace/WCRP).

“Cak Hasyim Muzadi juga memiliki perhatian yang besar terhadap dunia pendidikan melalui Pesantren Mahasiswa Al-Hikam di Malang, Jawa Timur, kemudian kami (IAIN) juga sudah meneliti sepuluh karya ilmiah dalam bentuk buku dan jurnal yang ditulis beliau,” ungkap Ridlwan.

Bagi IAIN Surabaya sendiri, menurut dia, pertimbangan untuk memberikan gelar kehormatan adalah setelah Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya meluluskan delapan doktor, dan dalam waktu dekat akan ada tiga doktor lagi.

Informasi lain menyebutkan prosesi pemberian gelar kehormatan Doktor HC kepada KH Hasyim Muzadi di aula IAIN Sunan Ampel Surabaya itu, rencananya akan dihadiri 25 duta besar, 30 cendekiawan dan tokoh nasional serta 500 undangan.

Secara terpisah, Pembantu Rektor II IAIN Sunan Ampel Surabaya Nur Syam menjelaskan pemberian penghargaan kepada Ketua Umum PBNU itu, dilakukan setelah mempelajari riwayat hidup, pengalaman organisasi dan karya ilmiahnya.

“Penghargaan kehormatan itu, merupakan yang pertama kali ada di IAIN setelah mempunyai program doktoral (S3) dan beberapa pertimbangan, di antaranya Pak Hasyim Muzadi adalah alumni IAIN Sunan Ampel Malang, memiliki reputasi nasional dan internasional, memiliki kepedulian pada dunia pendidikan dan pesantren,” tegasnya.

Setelah itu, Hasyim Muzadi ke depan diharapkan akan menjadi dosen tamu S2 dan S3 di Program Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya di bidang Peradaban Islam. Apalagi ia juga bukan sosok asing bagi IAIN, karena ia merupakan lulusan IAIN Malang, paparnya. (ant/sam)

BNI Mobile