Dakwah di AS, M. Syamsi Kenalkan Wajah Islam Aswaja

Dakwah di AS, M. Syamsi Kenalkan Wajah Islam Aswaja

Makassar, NU Online
Dakwah umum Universitas Islam Makassar, Sabtu (15/11) di aula Gedung PWNU Sulsel, menghadirkan Ketua Masyarakat Muslim New York M. Syamsi Ali. Pada dakwah umum yang dihadiri ribuan mahasiswa ini, ia menceritakan keragaman kehidupan muslim di negara minoritas muslim.
<>
Rektor UIM  Andi Majdah M Zain menyambut baik dakwah umum ini. "Alhamdulillah kali ini, kami kedatangan tamu putra daerah asal Bulukumba yang berkiprah di New York. Ketika berkunjung ke Makassar, saya mengajaknya ke daerah-daerah untuk menebar pesan rahmatan lil 'alamin dan pengalamannya menjadi imam di Amerika Serikat.”

Dalam dakwah itu, M Syamsi mengatakan, banyak pelajaran yang didapatnya di Amerika Serikat. “Agama bukan sekadar formalitas, tetapi nilai-nilai agama mestinya diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.”

Menurutnya, dakwah harus dimulai dari ketulusan hati, bukan sekadar berpikir segi kuantitas. Namun kesalahpahaman dalam menyebar konsep dakwah ini harus senantiasa diperbaiki.

“Membangun komunikasi intens terhadap pemeluk agama lainnya juga penting. Kemudian menjelasakan, bahwa Islam sangat mengedepankan persahabatan di atas permusuhan dan dialog di atas konflik,” tandas Syamsi. (Andy M Idris/Alhafiz K)

BNI Mobile