PWNU NTT Tunggu Pembentukan Kopertis di Nusa Tenggara Timur

PWNU NTT Tunggu Pembentukan Kopertis di Nusa Tenggara Timur

Kupang, NU Online
Pengurus PWNU Nusa Tenggara Timur mendukung program pemerintah yang kini tengah mempersiapan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) di NTT. Di tengah naiknya jumlah perguruan tinggi swasta di daerah ini, pendirian Kopertis menjadi relevan untuk mendekatkan pelayanan terhadap penyelenggaraan PTS di wilayah NTT.
<>
Ketua PWNU Jamal Ahmad mengatakan, niat baik pemerintah harus didukung dari berbagai lembaga agar rancangan pemerintah bisa dilaksanakan lebih cepat. “Apalagi kondisi geografis di NTT sebagian wilayah kepulauan, maka sangat menyulitkan pelayanan terhadap PTS dari jarak jauh. Ini juga menjadi alasan mendirikan Kopertis," kata Jamal kepada NU Online di Kupang, Rabu (4/2).

Pada Selasa (3/2) kemarin, Kepala Biro Kesra Setda NTT Barthol  Badar dalam pertemuan dengan Komisi V DPRD NTT mengatakan, alasan mendirikan Kopertis di daerah ini lantaran jumlan Perguruan Tinggi Swasta di NTT sudah mencapai 50 buah dengan jumlah mahasiswa 60.714 orang. 

Alasan lain pembentukan Kopertis ialah tuntutan berbagai peraturan semakin lama semakin berat dan kompleks. Karenanya, diperlukan pembinaan dan pengawasan yang komprehensif dan intensif, serta tuntutan masyarakat pemakai tamatan PTS semakin lama semakin beragam dan berat.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan adanya Kopertis itu akan memacu pertumbuhan dan peningkatan kualitas dan kuantitas PTS di NTT. Di samping adanya pengawasan dan evaluasi yang lebih mudah dilaksanakan, dukungan penuh dari Pemerintah dan DPRD Provinsi NTT juga menjadi penting.

"Bukti dukungan tersebut dengan kesiapan sarana, prasarana dan dana bagi operasional Kopertis  NTT ke depan," ujarnya. 

Ketua Komisi V Winston Neil Rondo mengatakan, menindaklanjuti itu perlu studi kelayakan menyangkut pendirian Kopertis di daerah ini. Komisi V siap memfasilitasi rencana pendirian Kopertis dengan mengundang para pimpinan PTS untuk menyatukan pandangan serta dukungan pendirian Kopertis  di Wilayah NTT dalam suatu pertemuan pada Maret 2015.

Komisi V mendukung sepenuhnya upaya pemerintah untuk mendirikan Kopertis di wilayah ini demi meningkatkan mutu Perguruan Tinggi Swasta dan lulusannnya. (Ajhar Jowe/Alhafiz K)

BNI Mobile