Home Warta Nasional Khutbah Daerah Fragmen Ubudiyah Internasional Keislaman Sirah Nabawiyah Risalah Redaksi English Tafsir Opini Hikmah Obituari Video Nikah/Keluarga Tokoh Hikmah Arsip

PCNU Subang Bikin Film “Santri Kelana”

PCNU Subang Bikin Film “Santri Kelana”

Subang, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Subang saat ini sedang menggarap proses pembuatan film pendek. Pembuatan film berjudul “Santri Kelana”, diinspirasi oleh model dakwah Sunan Kalijaga melalui pendekatan kesenian lokal.
<>
"Dulu Sunan Kalijaga berdakwah lewat wayang, bisa jadi kalau ia lahir di era digital seperti sekarang mungkin akan memilih berdakwah lewat film, karena disadari atau tidak media audio visual ini berperan penting dalam membentuk karakter dan jiwa seseorang," kata anggota tim pengarap film, Jajang Zarkasih di pesantren Al-Mukhtariyyah, Subang, Rabu (8/4).

Jajang menambahkan, film ini menceritakan kehidupan santri yang berkelana dari satu pesantren ke pesantren lain. Film ini juga bertutur pengalaman beberapa orang yang pernah mengenyam pendidikan pesantren.

Dalam film ini terdapat adegan perihal dalil-dalil amaliyah warga NU dan dalil tentang PBNU (Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945) agar semangat nasionalisme dalam diri penonton bisa tumbuh.

"Film ini durasinya sekitar 30 sampai 45 menit. Kalau ada sponsor bisa lebih panjang, karena advertising. Nanti insya Allah kalau sudah jadi akan diputar di Aswaja TV dan selanjutnya akan disebarluaskan melalui media sosial Youtube," kata pemuda yang pernah bekerja di lembaga perfilman itu.

Sampai saat ini, kata Jajang, pihak panitia dan kru film sedang menunggu pihak sponsor yang bersedia membantu secara moril dan materil. Menurut Jajang, pembuatan film ini didukung oleh peralatan yang terbatas.

Jajang dan kru menyediakan durasi beberapa detik bahkan menit dalam film ini bagi lembaga atau perusahaan yang berkenan menjadi sponsorship dengan kesepakatan tanpa mengubah skenario yang sudah dibuat panitia. Pihak yang berkenan menjadi sponsorship bisa menghubungi panitia via email luthfi.karim@gmail.com.

"Kami minta doa kepada seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, khususnya para kiai, ustadz, santri, alumni pesantren dan warga NU, dan umat Islam Indonesia, mudah-mudahan film santri kelana yang sedang kami buat ini bisa berjalan sukses dan lancar tanpa ada halangan apapun," kata Jajang. (Aiz Luthfi/Alhafiz K)

Daerah Lainnya

Terpopuler

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya