IMG-LOGO
Daerah

Lapangan Sosial Terbuka Lebar bagi Perjuangan NU

Selasa 23 Juni 2015 19:1 WIB
Bagikan:
Lapangan Sosial Terbuka Lebar bagi Perjuangan NU

Jepara, NU Online
Jamiyyah Nahdlatul Ulama (NU) selain istiqamah memperkokoh tradisi-tradisinya juga dituntut untuk andil menangani masalah sosial. Pengurus NU berikut warganya, perlu lebih aktif menggarap isu pertanian, perburuhan, dan kejahatan kekerasan terhadap perempuan.
<>
Demikian dikemukakan Imam Nakhoi, Komisioner Komnas Perempuan 2015-2019 saat bersilaturrahmi dengan PCNU Jepara di aula gedung PCNU Jepara, Senin (22/6).

Menurut Imam, dimensi sosial seperti itu belum banyak diurusi oleh warga NU sehingga sudah saatnya turut andil di dalamnya. Selama ini NU sudah bagus dalam mengabdikan diri di wilayah keagamaan seperti memimpin tahlil, manaqib, dan maulid. Namun begitu NU juga layak bergerak mengurusi hal tidak banyak diurusi oleh yang lain.

Dosen Institut Agama Islam Ibrahimy (IAII) Situbondo ini menegaskan, korban terbanyak kasus kekerasan perempuan juga warga NU. Kalau NU berdiam diri, maka korban akan terus berjatuhan. “Kita tidak boleh berdiam diri. Kita harus bergerak,” lanjut aktivis LBMNU Situbondo.

Ia menambahkan sebagai jamiyyah dengan jumlah jamaah terbesar NU penting bermitra dengan PJTKI, Kemenakertrans turut menuntaskan problem-problem sosial yang ada.

Sementara Komisioner Komnas Perempuan lainnya Riri Khariroh menambahkan, perempuan NU sejak dulu sudah bergerak. Sebelum merdeka perempuan NU sudah turut serta mengangkat senjata bersama Hizbullah.

Pasca itu, kata Ketua Litbang Fatayat NU, perempuan tidak lantas berdiam diri. Misalnya tahun 1997 dalam Munas NU di Lombok, perempuan harus mempunyai hak politik di pemerintahan. Sehingga mereka memiliki hak yang sama dengan laki-laki.

Yang patut diacungi jempol saat Gus Dur menjadi Presiden, kontribusi perempuan diangkat oleh KH Abdurrahman Wahid yakni dengan menerbitkan Inpres tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender sebagai program nasional.

Kepada pengurus Banom NU Jepara Azriana, Ketua Komnas Perempuan berharap kepada NU untuk mendukung program-program lembaganya. Misalnya 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan, Mari Bicara Kebenaran, Bhinneka dan Jitu.

Selain silaturahmi dengan PCNU Jepara, Komisioner Komnas Perempuan juga bersilaturahmi dengan Unisnu Jepara dan SD Semai. (Syaiful Mustaqim/Alhafiz K)

Bagikan:
Selasa 23 Juni 2015 23:4 WIB
Ramadhan, IPNU Banyuwangi Turba ke 12 PAC
Ramadhan, IPNU Banyuwangi Turba ke 12 PAC

Banyuwangi, NU Online
Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Banyuwangi mengadakan safari Ramadhan ke beberapa Pimpinan Anak Cabang. Safari dijadwalkan akan mengunjungi 12 PAC yang tersebar salah satu kabupaten Jawa Timur tersebut.
<>
Safari Ramadhan IPNU Banyuwangi ini diawali dari PAC IPNU Kecamatan Glenmore Ahad (21/6), kemarin. Rencananya akan ditutup di PAC IPNU Kecamatan Giri pada tanggal 28 Ramadhan.

Ditemui di sela-sela pembukaan Safari Ramadhan, Moh. Zakariya Ishaq, Ketua PC IPNU Banyuwangi mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk menjalin silaturrahmi dan mengetahui kondisi sesungguhnya masing-masing Anak Cabang dibawah kepemimpinannya. “Ini (Safari Ramadhan) kami jadikan ajang silaturrahmi sekaligus turba.” Ujarnya.

Tak hanya sebatas kunjungan, Safari Ramadhan juga dijadikan kesempatan bagi Anak Cabang untuk mendapatkan maintenen dari Cabang. Masing-masing Anak Cabang telah mengajukan terlebih dahulu tentang pelatihan yang dibutuhkan. Kemudian Cabang menindaklanjutinya ketika Safari Ramadhan. Misalnya, di PAC Glenmore kemarin, selain silaturrahmi juga diadakan pelatihan administrasi.

“Menjelang akhir masa khidamat ini, Cabang ingin semua PAC mendapatkan pelayanan guna peningkatan mutu,” imbuh Zakariya.

Muhammad Ya’lu, Ketua PAC IPNU Glenmore yang ditemui di tempat mengaku senang dengan program Safari Ramadhan yang diadakan oleh Cabang. Selain mendapatkan pelatihan, kegiatan tersebut juga memotivasi kader-kader dari ranting dan komisariat untuk terus mengembangkan diri.

“Kami merasa terhormat dengan kunjungan ini. Dan kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Cabang yang berkenan memotivasi kader-kader di bawah.” ungkapnya.

Acara yang ditutup dengan buka bersama itu pun berlansung lancar. Dengan menggunakan lengser mereka makan bersama sehingga semakin menambah rasa kebersamaan dan kekeluargaan. (Ayung Notonegoro/Abdullah Alawi)


Selasa 23 Juni 2015 20:1 WIB
PCNU Pringsewu Gelar Safari Ramadhan di 9 Kecamatan
PCNU Pringsewu Gelar Safari Ramadhan di 9 Kecamatan

Pringsewu, NU Online
PCNU Pringsewu menggelar Kegiatan Safari Ramadhan 1436 H di 13 lokasi yang terdiri dari 4 titik yang dipusatkan di Gedung NU dan 9 titik lainnya berlokasi di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Pringsewu.<> 

Ketua PCNU Pringsewu H Taufiqurrohim menjelaskan hal tersebut saat membuka secara resmi rangkaian kegiatan safari Ramadhan di Gedung NU, Ahad (21/06) lalu.

“Kegiatan Safari Ramadhan kali ini berbeda dengan kegiatan safari pada tahun-tahun lalu. Taufik mengatakan, bahwa safari ramadhan kali ini lebih menitik beratkan kepada silaturrahim sekaligus koordinasi serta konsolidasi PCNU dengan MWCNU dan ranting se-Kabupaten Pringsewu,” jelasnya.

Taufiq menjelaskan, bahwa kegiatan safari ramadhan yang dilaksanakan di kecamatan akan diisi dengan kegiatan bedah buku yang baru saja diterbitkan oleh LTNNU Pringsewu dengan judul Manajemen Ramadhan Karya Katib Syuriyah PCNU Pringsewu. Buku dengan tebal 80 halaman ini akan dikupas tuntas langsung oleh penulisnya yaitu Ustad Munawwir pada kegiatan safari ramadhan di seluruh kecamatan di Kabupaten Pringsewu.

Sementara untuk Safari Ramadhan setiap hari Minggu akan dirangkai dengan Ngaji Ahad yang akan di isi langsung oleh Mustasyar PCNU Pringsewu KH Sujadi di Gedung NU Kabupaten Pringsewu.

Pada saat pembukaan tersebut, Taufiq menjelaskan rinci tempat dan waktu kegiatan safari ramadhan PCNU Pringsewu yaitu: Gedung NU (21, 28 Juni, 5 dan 12 Juli), Kecamatan Parasuka desa Sidodadi (23 Juni), Kecamatam Adiluwih Desa Tunggul Pawenang (27 Juni), Kecamatan Pagelaran Utara Desa Margosari (30 Juni), Kecamatan Banyumas Desa Suka Mulya (2 Juli), Kecamatan Gadingrejo Desa Jogja Selatan (4 Juli), Kecamatan Ambarawa Desa Margodadi (7 Juli) Kecamatan Sukoharjo Desa Panggung Rejo Utara (9 Juli), Kecamatan Pagelaran Desa Pagelaran (11 Juli) dan terakhir di Kecamatan Pringsewu Kelurahan Pringsewu Barat (13 Juli). (Muhammad Faizin/Fathoni)

Selasa 23 Juni 2015 15:1 WIB
PCNU Pringsewu Awali Safari Ramadhan dengan “Jihad”
PCNU Pringsewu Awali Safari Ramadhan dengan “Jihad”

Pringsewu, NU Online
PCNU Kabupaten Pringsewu mengawali safari Ramadhan dengan mengadakan Ngaji Ahad (Jihad) yang dilaksanakan Ahad (21/06) lalu. Dalam pengajiannya, Mustasyar PCNU Pringsewu KH Sujadi menekankan pentingnya menata dan memperbaiki niat yang menjadi dasar dari semua perbuatan kita di dunia.<> 

"Dengan memperbarui niat (tajdidun niat) akan menjadikan amal perbuatan kita didunia bermakna. Kita akan menjadi apa dan siapa tergantung nawaitu kita," terangnya.

Mengutip hadits Rasulullah SAW, Kiai Sujadi mengatakan, bahwa perumpamaan niat seperti ruh dan perbuatan menjadi jasadnya. Jika kita beramal dan tidak diiringi oleh niat maka kita bisa jadi tidak mendapatkan apa-apa. Namun sebaliknya jika kita memiliki niat walaupun tidak jadi melakukan perbuatannya maka kita sudah mendapatkan sesuatu dari niat tersebut.

Abah Sujadi, panggilan kesehariannya mengingatkan pentingnya melafadzkan niat dalam mengawali sesuatu walaupun hal tersebut tidak diwajibkan. "Nawaitu soma ghodin atau niat puasa itu diucapkan agar kita tidak lupa serta menolong lisan kepada hati untuk melahirkan niat," ucapnya. 

Kegiatan Jihad di bulan Ramadhan 1436 H ini dilaksanakan tidak seperti biasanya yang digelar pagi hari. Kegiatan Jihad kali ini dilaksanakan sore hari pukul 16.30 WIB sampai dengan waktu berbuka puasa. Setelah berbuka puasa kegiatan dilanjutkan dengan shalat maghrib berjamaah di Aula Gedung NU Kabupayen Pringsewu. (Muhammad Faizin/Fathoni)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG