IMG-LOGO
Daerah

Festival Dunia Melayu Di Bangka Dimeriahkan Lomba Bedug


Rabu 3 Desember 2003 09:20 WIB
Bagikan:
Festival Dunia Melayu Di Bangka Dimeriahkan Lomba Bedug

Jakarta, NU Online
Festival Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) yang akan berlangsung di Pangkalpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada 13-17 Desember 2003 akan dimeriahkan dengan lomba pukul bedug.

Selain dilombakan, sebanyak 31 bedug akan ditabuh pada upacara pembukaan Festival DMDI yang akan diikuti lebih dari 20 delegasi dari sejumlah negara dan provinsi serta kabupaten di Indonesia itu, kata Koordinator Bidang Gelar Seni Festival DMDi Ibnu Hajar.

<>

Upacara pembukaan festival bertaraf internasional tersebut akan dipusatkan di Lapangan Merdeka Pangkalpinang dan dilanjutkan dengan pawai karnaval bernuansa Melayu mengelilingi sejumlah jalan di Kota Pangkalpinang.

Dijelaskannya, jumlah bedug yang akan ditabuh pada pembukaan berjumlah 31 buah yang menggambarkan urutan Bangka Belitung sebagai provinsi ke-31 di Indonesia. Salah satu dari bedug tersebut merupakan bedug raksasa yang selama ini berada di Mesjid Jamik Pangkalpinang.

Lomba bedug yang merupakan rangkaian menjelang penyelenggaraan Festival DMDI akan dilaksanakan pada 6 Desember dan dibuka oleh Gubernur Babel Hudarni Rani. Lomba ini diikuti sejumlah kabupaten yang juga hadir sebagai peserta.

Sementara itu, berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Panitia Festival DMDI, hingga 2 Desember 2003, sebanyak 14 delegasi sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir dalam festival tersebut.

Sejumlah negara yang menyatakan hadir antara lain, RR Cina, Kerajaan Melaka, Cina Taipei, dan Australia, sementara provinsi yang hadir ialah Sumut, Nanggroe Aceh Darusallam, Sumbar, Jambi, Riau, Sumsel, dan Lampung.

Dari pantauan, Kota Pangkalpinang tengah sibuk mempersiapkan diri menyambut Festival DMDI, antara lain pemasangan umbul-umbul, pembuatan panggung di Lapangan Merdeka serta membuat persiapan di Bandara Depati Amir untuk menyambut delegasi.(mkf)

 

Bagikan:
IMG
IMG