IMG-LOGO
Daerah

Innalillahi, KH Abdi Manaf Mantan Ketua PCNU Sidoarjo Berpulang

Kamis 9 Juli 2015 11:30 WIB
Bagikan:
Innalillahi, KH Abdi Manaf Mantan Ketua PCNU Sidoarjo Berpulang

Sidoarjo, NU Online
Pengasuh Pondok Pesantren Chusnaini desa Klopo Sepuluh Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, KH Abdi Manaf wafat. Kiai Manaf menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 02.45 WIB di rumah sakit Darmo Surabaya, Kamis (9/7) dini hari.<>

Kiai kharismatik itu meninggalkan 4 putra, dua laki-laki dan dua perempuan. Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo periode 1983 hingga 1998 ini telah disemayamkan di pemakaman umum desa setempat sekitar pukul 09.30 WIB.

Ribuan pentakziah dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Dinas, instansi dan masyarakat sekitar Sidoarjo memenuhi kediaman almarhum yang pernah menjabat sebagai ketua PCNU Sidoarjo tiga periode itu.

Wakil Bupati Sidoarjo H MG Hadi Sutjipto mengatakan, Kiai Manaf merupakan tokoh dan ulama yang mempunyai peran besar di Kabupaten Sidoarjo.

"Tentunya kami turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Almarhum merupakan Ulama dan Kiai panutan masyarakat. Beliau sangat dekat dengan masyarakat dan Nahdliyin," katanya usai pemakaman almarhum.

Sementara itu, menurut mantan Ketua PWNU Jatim KH Ali Maschan Musa menuturkan, bahwa Gus Manaf semasa hidupnya memang berjuang terutama untuk kepentingan Nahdlatul Ulama dan umat.

"Almarhum merupakan sosok Ulama yang mudah menolong orang. Sulit mencari sosok orang lain yang seperti almarhum," tandas Kiai Ali Maschan Musa. (Moh Kholidun/Fathoni)

Bagikan:
Kamis 9 Juli 2015 23:3 WIB
JELANG MUKTAMAR KE-33 NU
Pembangunan Tenda Muktamar NU Dimulai
Pembangunan Tenda Muktamar NU Dimulai

Jombang, NU Online
Pelaksanaan Muktamar NU ke-33 di Jombang tinggal menghitung hari. Tidak sampai tiga pekan lagi, forum tertinggi di NU ini digelar. Berbagai persiapan sudah dilakukan. Termasuk konsolidasi panitia dan persiapan lokasi acara.
<>
Demikian terlihat di alun-alun Jombang sejak Rabu (8/7). Berbagai alat berat untuk mendirikan tenda besar sudah didatangkan. Alat-alat itu diangkut dengan menggunakan beberapa truk besar.

"Truk-truk itu sempat parkir di alun-alun Jombang," kata Mukani, guru SMAN 1 Jombang yang berlokasi di utara alun-alun Jombang.

Mulai Rabu (8/7) pagi, pendirian tenda besar berwarna putih dimulai oleh puluhan pekerja. Letaknya di sisi selatan alun-alun. Sedangkan di sisi timur dan utara, dimulai pada Kamis (9/7) hari ini. 

Menurut rencana, tenda-tenda itu akan digunakan sebagai lokasi pembukaan dan penutupan acara Muktamar NU ke-33. Sedangkan sidang komisi digelar di empat pondok pesantren, Tebuireng, Tambakberas, Denanyar, dan Peterongan.

Sebagai sekolah yang berdekatan dengan lokasi Muktamar NU, SMAN 1 Jombang juga siap menyukseskan Muktamar kali ini. Baliho besar sudah dipasang di timur pintu gerbang sejak sepekan lalu. Baliho besar itu bertuliskan “Keluarga Besar SMAN 1 Jombang siap menyuksukseskan Muktamar NU Ke-33 di Jombang.”

Menurut rencana, SMAN 1 Jombang juga ditempati peserta muktamar. "Puluhan kran air sudah disediakan di tempat parkir sebelah barat. Renovasi mushalla juga dipercepat agar sudah bisa digunakan saat Muktamar nanti," ujar Mukani.

Demi kenyamanan peserta dalam beribadah di mushalla, arah kiblat pun sudah diukur ulang. "Selasa (7/7) kemarin kita mengundang Ketua Lajnah Falakiyah MWCNU Diwek ustadz Abdul Majid untuk mengukur ulang arah kiblat mushalla di sekolah ini," pungkasnya. (Abu Jauhar/Alhafiz K)

Kamis 9 Juli 2015 22:0 WIB
Hj. Sinta Nuriyah Buka Bersama Kaum Dhu’afa di Kraksaan
Hj. Sinta Nuriyah Buka Bersama Kaum Dhu’afa di Kraksaan

Probolinggo, NU Online
Ratusan orang yang terdiri dari warga masyarakat dan pedagang pasar berkumpul di Pasar Semampir Kota Kraksaan, Selasa (7/7) sore. Ratusan orang tersebut hadir dalam kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an sekaligus buka bersama Hj. Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid.
<>
Buka bersama ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. Puput Tantriana Sari, Mustasyar PCNU Kota Kraksaan H. Hasan Aminuddin, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo H. Moch. Nawi beserta sejumlah Perangkat Daerah Kabupaten Probolinggo.

Hadir pula Pengasuh Pondok Pesantren Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Hj. Badiatus Sholehah Hafidz Aminuddin, Rais Syuriyah PCNU Kota Kraksaan KH Munir Kholili, Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Kraksaan H Nasrullah A. Suja’i, Ketua Baznas Kabupaten Probolinggo H Ahmad Muzammil dan Ketua FKUB Kabupaten Probolinggo KH Idrus Ali beserta segenap anggota.

Hasan Aminuddin dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Hj Sinta Nuriyah yang istiqomah setiap bulan Ramadhan mengunjungi Kabupaten Probolinggo. Kebiasaan tersebut sudah dilakukan sebelum menjadi ibu Negara.

“Alhamdulillah beliau selalu istiqomah berkeliling setiap bulan suci Ramadhan. Tidak hanya di Kabupaten Probolinggo, tetapi juga di seluruh nusantara,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Hasan mengingatkan kembali pentingnya berbuat amal kebajikan di bulan suci Ramadhan. Salah satunya dengan menjalin hubungan baik antar manusia dengan cara mengeluarkan infaq dan shodakoh. “Sementara hubungan antara manusia dengan Allah SWT dilakukan dengan cara meningkatkan amal ibadah,” jelasnya.

Sementara Hj Sinta Nuriyah menyampaikan tentang pentingnya berbagi kepada sesama umat manusia. Disamping juga tentang arti menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

“Makna dari hakekat berpuasa tidak hanya menahan lapar dan haus saja. Tetapi juga melatih perilaku dan kesabaran kita. Sebab orang sabar itu akhlaknya baik. Berpuasa juga bisa melatih kejujuran,” katanya.

Selain buka bersama, dalam kesempatan tersebut juga diberikan santunan paket sembako kepada kaum dhu’afa serta dialog dengan para pedagang yang ada di Pasar Semampir dan sekitarnya. (Syamsul Akbar/Abdullah Alawi)

Kamis 9 Juli 2015 21:3 WIB
Di Depan Camat, Pelajar NU Pangkah Presentasikan Profil Organisasi
Di Depan Camat, Pelajar NU Pangkah Presentasikan Profil Organisasi

Brebes, NU Online
Pimpinan Anak Cabang IPNU–IPPNU Pangkah kabupaten Tegal menunjukan potensi SDM kepada Camat Pangkah Saidno Ap. Potensi SDM yang dimiliki pelajar NU Pangkah ini, dipaparkan saat buka puasa bersama dan audiensi dengan camat Pangkah di gedung Pertemuan Among Dwijo Pangkah, Tegal, Rabu (8/7).
<>
“Kami tidak tedeng aling-aling terhadap kemampuan para anggota sehingga kerja sama yang dijalin dengan pihak kecamatan nanti sesuai dengan kemampuan kami,” tutur Ketua IPNU Pangkah Mohammad Naenul Rizqoni.

Paparan ini juga disaksikan pimpinan ormas kepemudaan yang ada di kecamatan Pangkah. Naenul berharap audiensi dan buka puasa ini bisa menjadi wahana silaturahmi yang membawa kemaslahatan bersama.

Ia menjelaskan keberadaan pelajar NU di kecamatan Pangkah mulai dari pimpinan ranting, komisariat sampai pimpinan anak cabang sendiri.

Secara detil Naenul menceritakan  sejarah berdirinya IPNU-IPPNU di Pangkah, sepak terjang di masyarakat, agenda kegiatan, prestasi yang telah dicapai.

“Alhamdulillah IPNU-IPPNU menjadi pusat perhatian masyarakat secara luas karena prestasi yang ditorehkannya,” paparnya.

Naenul mengibaratkan IPNU-IPPNU sebagai taman kota yang sangat indah dan nyaman. Karena terbukti IPNU–IPPNU menjadi organisasi yang unggul dalam segala bidang.

Paparan Naenul mendapat apresiasi IPNU-IPPNU Tegal yang diwakili Susy Priyatin. Susy menyampaikan bahwa IPNU–IPPNU Pangkah telah menampakan eksistensinya di hadapan khalayak dengan penuh tanggung jawab dan penuh komitmen.

Hal senada disampaikan Mas’atun dari Fatayat NU Pangkah. Ia menyampaikan bangga melihat semangat kader-kader muda NU. Gelora semangat yang dikobarkan dengan menggalang persatuan dan kekompakan menguatkan kelanjutan kaderisasi.

Pembina IPNU Pangkah Ajat Sudrajat menyampaikan rasa syukur atas bangkitnya kader-kader NU. Keberadaannya diharapkan bisa tampil sesuai dengan perkembangan zaman.

“Jangan lupa tetap kritis, mengikuti kemajuan IPTEK dan IMTAK dengan selalu membaca situasi dan peluang di masa yang akan datang,” pesan ajat.

Camat Pangkah Saidno sangat berharap IPNU-IPPNU bisa bersama-sama membangun dari tingkat desa hingga kecamatan. Ia mengajak bersama dirinya membangun daerah Pangkah menuju Pangkah Bersahaja.

“Mari satukan tekad membangun Pangkah dengan penuh semangat,” ajak Camat. (Wasdiun/Alhafiz K)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG