Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

IPPNU Kalinyamatan Dilatih Bikin Kerajinan Baki Lamaran

IPPNU Kalinyamatan Dilatih Bikin Kerajinan Baki Lamaran

Jepara, NU Online
Kader IPPNU Kecamatan Kalinyamatan Jepara dalam kegiatan rutin keputrian dilatih membuat kerajinan baki lamaran bertempat di pesantren Nailun Najah desa Kriyan kecamatan Kalinyamatan kabupaten Jepara, Ahad (16/8) lalu.<>

Kegiatan yang diikuti puluhan delegasi IPPNU se-Kalinyamatan dilatih Romadhon, alumnus PAC IPNU Kalinyamatan. Baki lamaran ialah keterampilan menata barang-barang seperti handuk, mukena, pakaian dan sebagainya yang biasanya disampaikan saat meminang, lamaran.

Dalam membuatnya menurut Romadhon tidaklah susah. Saat pelatihan peserta hanya dibekali dengan dasarnya saja. “Membuat baki lamaran itu tidak susah,” terangnya.

Setelah dibekali dasarnya, peserta dibebaskan untuk berkreativitas sepuas-puasnya. “Hasilnya ada yang membikin bentuk masjid dari mukena, ada yang membuat handuk menjadi bentuk ikan dan sebagainya,” katanya. 

Tutik Mutmainnah, salah satu pengurus PAC IPPNU Kalinyamatan mengungkapkan kegiatan merupakan bekal usaha untuk kader IPPNU. Harapannya keterampilan yang terbilang ringan ini bisa dipraktikkan masing-masing kader.

"Kegiatan pelatihan keterampilan baki lamaran tujuannya adalah memberikan pengetahuan usaha yang dapat dipraktikkan di rumah, syukur-syukur bisa dijadikan modal usaha," tandas Tutik.

Pihaknya merencanakan kegiatan dilanjutkan secara bertahap. "Kami telah menyiapkan Rencana Tindak Lanjut (RTL) untuk Keputrian ini, di antaranya telah menyiapkan panitia kecil yang berjumlah 5 orang untuk merencakan tindak lanjut, misalnya membuat pelatihan yang lainnya atau memperdalam pelatihan yang ada," pungkasnya. (Syaiful Mustaqim/Fathoni)

BNI Mobile