IMG-LOGO
Daerah

PMII Tangerang Gelar Aksi Solidaritas Untuk Salim Kancil


Kamis 1 Oktober 2015 10:03 WIB
Bagikan:
PMII Tangerang Gelar Aksi Solidaritas Untuk Salim Kancil

Jakarta, NU Online
Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Tangerang berduka atas pembunuhan sadis terhadap petani kecil Salim alias Kancil di Lumajang, Rabu (30/9). Mereka berdoa bersama di Sekretariat PMII Tangerang sebagai rasa hormat kepada warga yang berani menentang kebijakan yang sewenang-wenang.
<>
"Kami mengutuk dan mengecam keras tindakan penganiayaan tidak manusiawi ini," kata Ketua PMII Tangerang Steven Idrus Maulana di Sekret PMII Tangerang, Rabu (30/9).

Korban adalah petani yang gigih bertahan tetap melawan dan menolak aktivitas tambang pasir golongan B di pesisir pantai Watu Pecak. Salim dikeroyok dan dianiaya hingga meninggal dunia oleh para preman pada Sabtu (26/9). Jasadnya ditemukan tewas tergeletak di pinggir jalan setelah diculik oleh segerombolan orang.

"Mereka adalah petani yang sedang memperjuangkan ekologis bagi kelangsungan hidup. Tidak layak diperlakukan secara premanisme. Seperti zaman PKI saja, para aktivis dibunuh dan dihabisi," katanya.

Para peserta aksi solidaritas membawa sejumlah lilin, baju putih, dan Al-Qur'an. Mereka berdoa agar almarhum ditempatkan di sisi Allah SWT. Mereka menuntut polisi menangkap aktor intelektual. Kepada Pemprov Jatim, mereka meminta untuk segera menertertibkan tambang, menghentikan eksploitasi tambang, menangkap mafia tambang.

“Pemkab Lumajang dan Pemda Jawa Timur harus menghentikan seluruh kegiatan penambangan. Selain itu juga mendesak polisi mengusut dan memproses hukum pelaku penganiayaan serta membongkar aktor intelektualnya,” kata Steven. (Red Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG