IMG-LOGO
Daerah

Rayakan Tahun Baru Islam, 926 Pelajar di Sidoarjo Gelar Pawai

Rabu 14 Oktober 2015 21:03 WIB
Rayakan Tahun Baru Islam, 926 Pelajar di Sidoarjo Gelar Pawai

Sidoarjo, NU Online
Sekitar 926 siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) YPM 1 dan siswa SMK YPM 11 Wonoayu kabupaten Sidoarjo mengikuti jalan sehat dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1437 Hijiryah, Rabu (14/10). Mereka mengelilingi sekitar halaman sekolah dengan jarak tempuh kurang lebih 4 kilometer.
<>
Mereka juga membawa berbagai macam tulisan yang berisi ucapan selamat tahun baru Islam 1 Muharram 1437 Hijriyah di antaranya, “Dengan semangat tahun baru Islam semoga menambah ketaqwaan dan menjadikan ahklaqul karimah,” “Mari berantas kebodohan dan semangat belajar”. Mereka mengibarkan bendera merah putih, bendera MWC NU Wonoayu, dan bendera sekolah.

Kepala sekolah MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo Suhardi mengatakan, adanya pawai itu merupakan wujud syukur kepada Allah SWT dan dimaksudkan agar para siswa mengetahui bahwa selain tahun baru (Januari) ada peringatan tahun baru Muharram yang perlu dirayakan dan diperingati setiap tahunnya.

"Kami mengenalkan kepada para siswa supaya mereka mengetahui adanya tahun baru Islam ini, selain itu juga mengingatkan kepada masyarakat agar peringatan atau tahun baru Islam tidak tenggelam begitu saja. Maka kami mengadakan pawai dengan mengelilingi sekitar halaman sekolah," kata Suhardi.

Dari setiap perwakilan kelas, lanjut Suhardi, para siswa menampilkan kreatifitasnya masing-masing. Para siswa menampilkan dan mengenakan busana gamis dengan sorban, berpakaian ala tentara, memakai seragam bermotif koran, berpakaian pagar nusa dan sebagainya.

"Setiap siswa nanti akan mendapatkan penilaian dari dewan guru, dengan kategori saling menjaga kekompakan, menjaga kesopanan dan kedisiplinan saat mengikuti pawai ini," jelas Suhardi.

Dengan membuka kegiatan di tahun baru Islam, Suhardi berharap supaya para dewan guru serta peserta didiknya senantiasa mendapatkan kekuatan dari Allah SWT, mendapatkan kesehatan, ilmu yang bermanfaat dan dijauhkan dari bencana.

Syarafi Akbar, siswa kelas VII A MTs YPM 1 Wonoayu mengaku sangat senang mengikuti kegiatan pawai itu. Ia juga berharap melalui peringatan tahun baru Islam dapat memotivasi dirinya untuk senantiasa menunaikan ibadah sholat.

"Semoga dengan peringatan tahun baru Islam ini ibadah sholat saya semakin istiqomah, mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta semakin giat dalam berlajar," harap Syarafi Akbar. (Moh Kholidun/Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG