IMG-LOGO
Daerah

Ratusan Warga Ikuti Peringatan Haul Kyai Ageng Rogosasi


Jumat 6 November 2015 23:01 WIB
Bagikan:
Ratusan Warga Ikuti Peringatan Haul Kyai Ageng Rogosasi

Boyolali, NU Online
Ratusan warga dari berbagai daerah, ikut menghadiri acara peringatan Haul Kyai Ageng Rogosasi bertempat di depan kompeks Makam Tumang, Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah Kamis, (5/11).
<>
Kyai Ageng Rogosasi merupakan seorang tokoh ulama yang mendirikan kampung Tumang Cepogo Boyolali, sekaligus yang menyebarkan agama Islam di lereng Gunung Merapi tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, dijelaskan silsilah Kiai Ageng Rogosasi oleh KH Muhromi dari Ketapang Susukan. Menurutnya, Kiai Ageng Rogosasi ini termasuk salah satu keturunan Kerajaan Mataram dan mempunyai ranji nasab dari Sunan Kalijaga.

“Silsilah Kyai Ageng Rogosasi ini masih menyambung mulai dari Sunan Kalijaga, Kyai Hasan Munadi Nyatnyono sampai KH Ahmad Siradj Surakarta,” terang tokoh yang pernah mengemban amanah Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Semarang ini.

Usai dibacakan manaqib Kyai Ageng Rogosasi tersebut, para jamaah kemudian mendengarkan tausiah dari KH M Mahfur dari Ketapang.

Sementara itu, Kepala Desa Cepogo berharap kegiatan peringatan haul yang telah berjalan rutin setiap tahun ini dapat memberikan manfaat bagi warga. "Acara ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Tumang. Mengingat jasa-jasa Mbah Kyai Rogosasi dalam menyebarkan agama Islam dan menjaga desa ini," tuturnya.

Ditambahkan Mawardi, para warga, khususnya generasi muda juga harus memiliki peran dalam melestarikan budaya dan mengkaji sejarah leluhurnya. (Ajie Najmuddin/Alhafiz K)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG