IMG-LOGO
Trending Now:
Daerah

Jelang Konferensi, PMII Jombang Siapkan Kader Mumpuni


Selasa 22 Desember 2015 21:01 WIB
Bagikan:
Jelang Konferensi, PMII Jombang Siapkan Kader Mumpuni

Jombang, NU Online
Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Jombang, Jawa Timur telah menetapkan konferensi cabang (Konfercab) pada akhir bulan Januari 2016. Disela-sela menyiapkan kebutuhan Konfercab, PC PMII ini juga mengupayakan membentuk regenerasi pengurus cabang yang mumpuni.<>

Upaya tersebut tercermin dalam bentuk kegiatan leader champ yang telah digagas untuk para calon Pengurus Cabang PMII Jombang pada pertengahan bulan Januari 2016 mendatang. Segala kebutuhan agenda ini sudah dipersiapkan sejak pekan yang lalu, mulai pembentukan kepanitian dan koordinasi dengan pengurus komisariat se-Jombang, khususnya badan pengurus harian (BPH) sebagai regenerasi PC PMII Jombang.

Maftuchil Chija, Ketua Umum PC PMII Jombang menjelaskan tujuan diselenggarakannya kegiatan leader champ ini sebagai salah satu upaya membenahi kaderisasi PMII tingkat cabang khususnya, pengurus cabang yang sudah mengabdi selama satu tahun, hendaknya mempersiapkan diri untuk melanjutkan masa khidmatnya di wilayah Jawa Timur, yakni menjadi bagian dari pengurus koordinator cabang (PKC) PMII atau  yang lain. Terkecuali kader yang menduduki pucuk kepemimpinan cabang selanjutnya.

“Saat ini kita tidak bisa memaksakan pengurus cabang PMII sekarang untuk bertahan selama dua periode, saya rasa sudah cukup, kecuali kader yang sudah menyiapkan diri menggantin posisi ketua umum. Lebih baik mereka menyiapkan diri untuk melanjutkan masa abdinya di level Jawa Timur atau yang lainnya,” katanya kepada NU Online, Senin (21/12).

Sarjana hukum Universitas Darul Ulum (Undar) Jombang itu juga mengungkapkan, beberapa materi dan instruktur untuk agenda tersebut sudah dirumuskan bersama pengurus cabang yang lain. Di antaranya bela bangsa, intelegensi, character building, etika organisasi, manajemen konflik, teknik lobi dan jaringan, kemudian fund raising.

Di samping itu, kegiatan tersebut juga sebagai salah satu wujud pengejawantahan prodak hukum yang ditetapkan Pengurus Besar (PB) PMII terkait pembatasan usia. Aturan itu dimaksudakan untuk membenahi jenjang kaderisasi kader PMII secara umum. “Acara ini juga sangat berhubungan dengan aturan PB PMII tentang pembatasan usia mulai dari rayon, komisariat hingga pengurus pusat,” tuturnya.

Masih dalam rangkaian kegiatan leader champ, pengurus cabang juga sudah menyiapkan forum khusus pertemuan antar pengurus cabang, regenerasi pengurus cabang, senior PMII dan Ikatan Alumni (IKA) PMII Jombang. Pertemuan itu sekaligus untuk memperkenalkan mereka kepada para senior dan alumni. (Syamsul Arifin/Fathoni)

Bagikan:
IMG
IMG