IMG-LOGO
Nasional

Hobi Komputer Antarkan Santri Malang Dapat Penghargaan


Kamis 31 Desember 2015 03:16 WIB
Bagikan:
Hobi Komputer Antarkan Santri Malang Dapat Penghargaan

Jakarta, NU Online
Hobi mengutak-atik komputer dan senang dunia teknologi informasi, mengantarkan seorang santri Malang mendapat penghargaan (award) dari Bank Syariah Mandiri (BSM). Alumnus UIN Malang yang pernah mondok di Ma'had Aly Sunan Ampel Malang bernama Amiridzal Jundi ini, terpilih sebagai juara I kategori usaha kreatif dalam ajang BSM Santripreneur Award 2015.
<>
Dewan juri yang terdiri atas  DR KH Marsudi Syuhud (PBNU), Prof Ahmad Mubarok (Konsorsium Pesantren), H Sweet Luvianto (Indonesia Islamic Business Forum; IIBF), Agus Dwi Handaya (BSM), Ahmad Sugeng Utomo (Rumah Entrepreneur Indonesia), dan Noor Wahyudi (Konsultan Bisnis) menetapkan santri kelahiran Surabaya, 11 Nopember 1988 ini sebagai pemenang dengan total nilai 301.

Melalui perusahaan bernama Aksa Media, Ridzal menjual jasa pembuatan website dan sistem komputer. Dia mulai usaha pada Maret 2013 saat sedang mengalami kebangkrutan dari usaha bisnis perdagangan.

Dikatakannya, keuangan sedang minus karena menanggung utang, Ridzal mencoba memanfaatkan ilmunya di bidang software komputer. Dia pun mencoba membuat program akuntansi untuk perusahaan yang menurutnya canggih. Karena bos di kantor pusat bisa langsung memantau kinerja kantor cabang melalui jaringan internet yang diintegrasikan dalam program buatannya.

"Alhamdulillah, ide saya diterima pasar, saya mendapat pesanan dari perusahaan-perusahaan," tuturnya di hadapan dewan juri di Hotel Acacia Jakarta, Rabu (30/12/2015) sore. Aksa Media yang dia dirikan, lantas banyak mendapat pesanan dari promosi gethok tular para kliennya. Berawal  di Surabaya, tempat kelahirannya. Lalu berkembang hingga seluruh Jawa Timur di tahun kedua merintis usaha. Yakni tahun 2014. Dan di tahun 2015 sudah mendapat order dari banyak perusahaan, lembaga pendidikan maupun instansi pemerintah dari beberapa kota di Indonesia.

"Mayoritas orang memesan ke kami karena referensi dari pemesan sebelumnya. Promosi paling efektif memang kepercayaan pelanggan," jelasnya.

Bersama delapan karyawannya, Ridzal menjalankan bisnis yang dia sebut "one stop IT solution" di Ruko Icon 21 nomor R-1 Jl. Ir Soekarno Surabaya. Kreativitas produk dan layanan yang dia sampaikan berhasil mengalahkan dua kandidat juara lainnya. Yaitu pemilik Orion Studio Intan Rohimah (santri  Bandung Alumni ITB) yang memproduksi mainan edukatif Kartu Hijaiyah 4 Dimensi, dan produsen kaos anak edukatif "Brand Lebah" Fikannida Rizki Fitriana (santri Brabo, Grobogan yang tinggal di Bekasi).

Kini Ridzal sudah mengelola bisnis dengan omzet ratusan juta rupiah per bulan. Karena bisnis jasa, maka keuntungannya sangat besar. Misal software seharga Rp 10 juta, dia bisa meraup laba Rp 8 juta, karena pengeluaran operasional tak sampai Rp 2 juta.

Atas kemenangannya ini, Ridzal akan mendapat hadiah uang Rp 50 juta dari BSM yang akan diberikan dalam even Awarding di Hotel Borobudur Jakarta, pada Kamis (31/12/2015).

Anggota juri DR Marsudi Syuhud memberi apresiasi penuh award tersebut. Dia minta award untuk santri pengusaha itu diadakan setiap tahun. Menurutnya, santri perlu terus didorong untuk menjadi pengusaha dan membawa manfaat besar pada perekonomian bangsa.

BSM Santripreneur Award 2015 hanya boleh diikuti santri yang telah memiliki usaha minimal berjalan satu tahun dan usia si santri maksimal 35 tahun. Untuk mendaftar harus melampirkan surat  rekomendasi dari kyai yangmenyatakan bahwa si pendaftar benar-benar santrinya. Lengkap dengan cap pondok pesantren atau lembaga pendidikan Islam pemberi rekomendasi. (ichwan/abdullah alawi)
 


Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG