IMG-LOGO
Trending Now:
Nasional

Muskerwil Jatman Lampung Rumuskan Sejumlah Program


Ahad 10 Januari 2016 10:00 WIB
Bagikan:
Muskerwil Jatman Lampung Rumuskan Sejumlah Program

Pringsewu, NU Online
Idarah Wustha (Pimpinan Wilayah) Jamiyyah Ahlith Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Jatman) Provinsi Lampung menggelar Musyawarah Kerja Wilayah Ke-1 di  Pondok Pesantren Sunan Jatiagung, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, Lampung asuhan Habib Yahya bin Hamid Assegaf, 9-10 Januari 2016.
<>
Muskerwil kali ini dihadiri seluruh pengurus Idarah Syu'biyah (Pimpinan Cabang) Jatman se-Provinsi Lampung, pengurus PWNU Lampung, pengurus PCNU Pringsewu, dan utusan sejumlah badan otonom NU.

"Musyawarah ini adalah forum tertinggi organisasi thariqah setelah kongres yang wajib dilakukan minimal satu kali dalam setahun, dan merupakan perintah organisasi yang tertuang dalam AD/ART Bab 20 Pasal 10 Peraturan Organisasi Thariqah," kata KH. Abdul Mukti, Mudir Aam Idarah Aliyah (Ketua Umum Pimpinan Pusat) Jatman dalam sambutannya sekaligus membuka Muskerwil tersebut.

Muskerwil ini membahas sejumlah agenda, antara lain membentuk sejumlah Idarah Syu'biyah di tingkat kabupaten, optimalisasi cabang-cabang yang ada, pembuatan kartu tanda anggota (KTA) Thariqah, meningkatkan kerja sama dengan pemerintah, dan melakukan hubungan secara intensif dengan para masayyikh.

Penyelenggaraan sidang komisi dibagi menjadi 5 Komisi, yakni Komisi A, B, C, D dan E dan bertempat di beberapa Pesantren yang ada Kecamatan Ambarawa. Sidang Komisi A diselenggarakan di Pesantren Sunan Jatiagung, Komisi B di Pesantren Miftahul Huda (Yasmida) Ambarawa, Komisi C di Pesantren Tahfidzul Quran Matla'ul Huda Ambarawa, Komisi D di Pesantren Sunan Jatiagung, dan Komisi E di Masjid Nurul Huda Tanjunganom.

Komisi A berisi kegiatan bahtsul masail, Komisi B membahas tentang keorganisasian, Komisi C membahas bidang ekonomi, Komisi D membahas tentang pemberdayaan Muslimat Thariqiyah, dan Komisi E membahas tentang program-program Matan (Mahasiswa Ahli Thariqah Al Mu'tabaroh An-Nahdliyyah).

Agenda Sidang Pleno Penyampaian dan Penetapan Hasil Sidang Komisi-Komisi tersebut yang dipimpin oleh Syeh Mufassirin (Abah Anom).

Sesuai jadwal, rencananya kegiatan tersebut ditutup hari ini, Ahad (10/1), dengan Pengajian Akbar yang akan diisi oleh Al Habib Hasan bin Agil Al Ba'bud dari Purworejo, Jawa Tengah. Rais Aam Idarah Aliyah Jatman Habib Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya dijadwalkan menutup forum yang berlangsung dua hari ini. (Henudin/Mahbib)

Bagikan:
IMG
IMG