Perpustakaan Mutamakkin Bedah Buku Keliling Pesantren dan Sekolah

Perpustakaan Mutamakkin Bedah Buku Keliling Pesantren dan Sekolah

Pati, NU Online
Perpustakaan Mutamakkin mengadakan roadshow bedah buku “Kuntul Nucuk  Bulan”, sebuah Novel yang bercerita tentang dunia Pesantren, karya Sahal Japara. Kegiatan tersebut digelar di Pondok Pesantrean APIK Kajen Margoyoso Pati, Jawa Tengah, Selasa 12 Januari 2015.  
<>
Ketua Perpus Mutamakkin Farid Abbad mengatakan, kegiatan tersebut adalah salah satu program jangka pendek, sebagai ajang motivasi terhadap para santri. “Santri pun mampu menulis sebuah buku. Jadi santri tak perlu minder lagi karena setiap karya itu mempunyai pembaca masing-masing,”jelasnya.

Farid menyebutkan roadshow tersebut akan berakhir pada 30 Januari nanti. Selama itu, perpustakaan Mutamakkin akan berkeliling ke sekolah-sekolah dan pesantren-pesantren se-Kabupaten Pati. “Harapan ke depannya banyak karya baru yang muncul dari kalangan pesantren,” katanya.

Pemateri dari bedah buku tersebut adalah penulisnya langsung, Sahal Japara. Menurut dia, ajine ilmu amergo laku (harganya ilmu karena tindakan, red.). Dalam “Kuntul Nucuk Bulan” menceritakan tentang pencarian seorang santri untuk menemukan jati dirinya. Hal itu sebenarnya tanggung jawab seorang santri setelah pasca boyongan atau menyatu dengan masyarakat.

Sahal menambahkan, menjadi santri adalah sebuah pilihan. Kita buktikan bahwa kita semua ini mampu bersaing dengan mereka yang bukan santri. (Am/Abdullah Alawi)

BNI Mobile