Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ketua LAZISNU Sebut Kerja Sama Atasi Covid-19 sesuai Teladan Kiai

Ketua LAZISNU Sebut Kerja Sama Atasi Covid-19 sesuai Teladan Kiai
Kerja sama penanganan Covid-19 sebagai bentuk meneladani pesan para kiai NU. (Foto: istimewa)
Kerja sama penanganan Covid-19 sebagai bentuk meneladani pesan para kiai NU. (Foto: istimewa)

Jakarta, NU Online

Ketua NU Care-LAZISNU H Achmad Sudrajat mengatakan dukungan NU Care-LAZISNU pada kegiatan swab antigen PP Pagar Nusa bersama 500 personel SAT-PJR Ditlantas Polda Metro Jaya Sabtu (23/1) pagi  merupakan bentuk kerja-kerja sosial kemanusiaan yang sudah diajarkan guru-guru dan kiai di Nahdlatul Ulama (NU).

 

"Ini bagian dari solidaritas dan sinergitas NU dengan sesama anak bangsa, dalam hal hal ini bersama Kepolisian. Semoga ke depan bagian langkah kecil ini dapat membangun solidaritas bukan cuma pada kegiatan sosial, tapi berbagai kegiatan lainnya," kata Ahmad Sudrajat.

 

Kerja sama tersebut bertujuan mengauatkan kemanusiaan dan keindonesiaan, tergambar dari bersinergi dan kolaborasinya semua pihak untuk menggalang kekuatan melindungi masyarakat. "SAT-PJR Ditlantas adalah petugas yang berada di garis terdepan wajib sehat. Ini wujud kesatuan masyarakat dan petugas, juga menunjukkan contoh kepada masyarakat untuk selalu menjaga protokol kesehatan dan tetap mematuhi aturan agar terjaga kesehatan kita," ujarnya.

 

Kegiatan tersebut terlaksana berkat kerja sama dengan Pagar Nusa dan NU Care-LAZISNU. Artinya, ini juga
wujud gerakan bersama antara elemen NU. "Kerja sama semua banom dan lembaga NU haru terus kita galakkan," tegasnya.

 

Sudrajat menyebutkan, saat ini melalui NU Peduli, juga dilakuka berbagai peran warga NU untuk membantu masyarakat terdampak bencana alam di berbagai wilayah Indonesia. Seperti  banjir Gunung Mas Puncak, NU Cisarua tengah menurunkan bantuannya. Demikian juga di wilayah lain seperti Sumedang, Kalimantan, Sulawesi Barat.

 

Sebelumnya, Ketua Umum Pagar Nusa, M Nabil Haroen mengatakan kerja sama tersebut adalah bentuk sinergitas antara Pagar Nusa dengan Polri yang memang harus dijaga. Pasalnya, ancaman dan tantangan yang harus dihadapi sekarang dan akan datang sangat banyak. 

 

Dalam persoalan penyebaran Covid-19, personel PJR sangat rentan menghadapi Covid-19 karena setiap hari berada di jalanan. Adanya rapid test (tes cepat) antigen pada hari ini sebagai simbol edukasi kepada masyarakat luas.

 

"Anggota Polri berada di garis terdepan, mempunyai risiko sangat tinggi tertular Covid-19. Ini sebagai simbol bagi masyarakat, kalau mereka tidak mentaati protokol kesehatan mereka bisa mencelakai polisi. Kalau polisi sudah kena dan meninggal akan merugikan kita sendiri," kata Gus Nabil.

 

Apabila dalam tes tersebut hasilnya reaktif, Pagar Nusa juga menyiapkan tes PCR. Selain itu, diberikan juga 6000 masker dan 500 goodybag berisi masker medis dan masker Polri.

 

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sembodo Purnomo Yogo mengatakan, angka positif Covid-19 terus meningkat di wilayah DKI Jakarta. Hingga Jumat (22/1) kemarin angka kasus positif mencapai 3.700 orang per hari. Positive rate dan mortality rate-nya juga meningkat.

 

Jika hal ini tidak dikendalikan, masyarakat ke depan yang terkena Covid-19 semakin sulit mendapatkan tempat tidur untuk perawatan, terutama yang mengidap Covid-19 dengan tingkat sedang maupun berat yang memang harus dirawat.

 

Pada kesempatan itu, diserahkan sejumlah bantuan yakni 500 set alat swab rapid antigen, masker sebanyak 6.000 pcs, hand sanitizer 504 botol, pasta gigi Sasha 527 pcs, goodybag 500 pcs berisi alat kebersihan.

 

 

Nabil menegaskan Pagar Nusa dan NU Care-LAZISNU siap bekerja sama secara terus menerus dengan Polri, Polda Metro Jaya, dan unit-unit kepolisian di seluruh Indonesia. 

 

"Tugas kami mengabdi kepada kiai, NU dan Indonesia. Maka, sudah seharusnya kami bersama pihak kepolisian saling bantu untuk menjaga Indonesia, menyegarkan kebangsaan kita agar tercipta Indonesia yang kuat dan bersama-sama keluar dari pandemi menjadi negara yang lebih sejahtera," pungkasnya.

 

Hadir dalam kegiatan ini Hasanuddin Wahid (Sekretaris Umum PP Pagar Nusa/Anggota Komisi X DPR RI), H Achmad Sudrajat (Ketua Pengurus Pusat NU Care-LAZISNU), Kombes Sambodo Purnomo Yogo (Dirlantas Polda Metro Jaya), Kompol Akmal (Kasat PJR Polda Metro Jaya) dan seluruh PJU Ditlantas Polda Metro Jaya.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori

Posisi Bawah | Youtube NU Online