Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

RMI Sumedang Turun Tangan Benahi Manajemen Pesantren

RMI Sumedang Turun Tangan Benahi Manajemen Pesantren
Sumedang, NU Online
Pengurus Rabithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Kabupaten Sumedang mengadakan pelatihan manajemen pesantren Se-Kabupaten Sumedang, Sabtu (5/3). Pelatihan yang berlangsung di Pesantren Al-Hikamussalafiyyah Sukamantri Tanjungkerta Sumedang ini diadakan dalam rangka menyambut Harlah Ke-90 NU.

Peserta pelatihan berjumlah 67 orang. Mereka terdiri atas pemimpin dan pengurus pesantren yang ada di Sumedang.

"Jika kita merawat pesantren, sama dengan merawat NU. Jika NU terawat maka bangsa Indonesia dan keutuhan NKRI pun akan terjaga. Jadi merawat pesantren sama dengan ikut andil dalam mempertahankan NKRI," ujar Ketua RMI NU Sumedang Ade Aam.

Ade menambahkan bahwa pesantren-pesantren NU di Sumedang harus terus tumbuh dan berkembang. Ia berharap setelah pelatihan ini manajemen pesantren di Sumedang tertata rapi. Mampu bersaing dengan menjaga nilai lama yang baik serta mampu mengambil nilai baru di zaman sekarang dengan lebih baik.

Ketua PCNU Sumedang H Sa'dulloh meminta pesantren NU di Sumedang terus meningkatkan kualitas manajemennya. Hal ini demi untuk memudahkan akses serta bantuan-bantuan dari para donatur dan pemerintah.

Peraturan mengatakan bahwa bantuan dari pemerintah bisa cair ke pesantren dengan catatan pesantren memunyai izin operasional dari Kemenag dan memunyai SK Kemenkumham. Hal inilah yang harus digenjot oleh pengurus RMI NU Sumedang supaya setiap pesantren di Sumedang mendapatkan fasilitas yang sama.

Pemateri lain yang mengisi pelatihan adalah Kemenag Sumedang yang diwakili oleh Kasi PD Pontren H Ma'mun. Ia memaparkan tentang sistem manajemen pesantren menuju pesantren yang mandiri dan profesional. Para peserta sangat antusias mengikuti serta menyimak kegiatan tersebut. (Ayi Abdul Kohar/Alhafiz K)

BNI Mobile