IMG-LOGO
Nasional

Cara Hj Sinta Nuriyah Kenalkan Kebangsaan ke Anak-anak


Sabtu 2 Juli 2016 10:00 WIB
Bagikan:
Cara Hj Sinta Nuriyah Kenalkan Kebangsaan ke Anak-anak

Gresik, NU Online
Kehadiran Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid sudah ditunggu-tunggu anak-anak yatim piatu dan ibu-ibu janda serta para dhuafa, fakir, miskin yang hadir di gedung Wisma Jenderal Ahmad Yani Gresik, Jumat (1/6).

Dalam kesempatan ini, Sinta Nuriyah mengajak anak-anak secara aktif memahami empat pilar kebangsaan. Dengan sabar dan jiwa keibuan, Sinta mengajak anak-anak untuk memahami apa itu Indonesia. "Saya sadar, kita tinggal di negara apa? Dasar negaranya apa? Lalu apa semboyannya?" kata Sinta melempar pertanyaan kepada anak-anak dan ibu-ibu.

Tak sedikit anak-anak menjawab dengan pelan tapi pasti. Secara perlahan anak-anak menjawab kita tinggal di negera Indonesia. "Lalu apa dasar negaranya?" tanya Sinta berlanjut. Mereka menjawab Pancasila.

"Pancasila ada berapa?”

“Ada lima.”

“Siapa yang bisa menjawab akan dikasih hadiah sama Pak Direktur Semen Indonesia," pancing Sinta.

"Satu, Ketuhanan yang Maha Esa. Dua, Kemanusiaan yang adil dan beradab. Tiga, Persatuan Indonesia. Empat, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Lima, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata para hadirin dengan suara kompak.

Lalu yang terkahir, “Semboyannya negara Indonesia apa?” “Bhinneka Tunggal Ika. Berbeda-beda tapi satu jua.”

“Yang beda apanya?" lanjut ibu negara ke-4 RI ini melontarkan pertanyaan. "Berbeda agamanya, sukunya, bahasanya, budayanya, adat istiadatnya, dan makanannya," kata anak-anak sambil dituntun oleh Sinta Nuriyah.

Terbawa kata makanan, istri almarhum Gus Dur ini rupanya mengetes anak-anak makanan di daerahnya. "Makanan khas Gresik apa saja?" “Nasi krawu, pudak, dan otak-otak bandeng.”

"Nanti Bu Sinta apa dibawakan pudak nggak?” Tanya Sinta dengan rasa senang karena anak-anak sudah tahu makanan khas daerahnya. Spontan anak-anak menjawab “Iya”.

Di penghujung acara Sinta membagikan satu persatu hadiah yang telah disediakan oleh PT Varia Usaha kepada anak-anak yang aktif dan merespon setiap pertanyaan. Di antara hadiah tersebut adalah tiga sepeda gunung, televisi, kulkas, kompor gas, dan lain-lain. (Rof Maulana/Mahbib)


Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG