Ketua PBNU Apresiasi Pendirian Pesantren Lansia di Sidoarjo

Ketua PBNU Apresiasi Pendirian Pesantren Lansia di Sidoarjo

Sidoarjo, NU Online
Rencana pembangunan pondok pesantren lansia yang digagas oleh Lembaga Pendidikan Sosial Jamu Taqwa di Desa Sidokepung Kecamatan Buduran Sidoarjo, Jawa Timur, mendapatkan respon positif dari Wakil Gubernur Jawa Timur, H Saifullah Yusuf. Ketua PBNU ini juga menyambut baik akan diluncurkannya pembangunan pesantren tersebut.

"Memang masih sedikit sekali yang mempunyai pesantren lansia. Dengan didirikannya pesantren lansia ini, mendatang para lansia secara kultur itu pas dan terarah. Mereka juga bisa belajar, berkarya dalam usia yang sepuh," kata pria yang akrab disapa Gus Ipul ini usai menghadiri acara halal bihalal di Masjid Musta'in Romly Desa Sidokepung Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (16/7).

Sementara itu menurut Sekretaris LPS Jamu Taqwa, Achmad Syamsudin, pendirian pesantren lansia ini terinspirasi dari pesantren lansia yang berada di Joso Jombang. Di sana para lansia diberikan wawasan dan keilmuan sehingga mereka mendapatkan nikmatnya hidup.

"Kita juga mengajak para lansia untuk tetap mondok agar mereka mendapatkan ketenangan. Kriteria bagi yang ingin mondok usianya sekitar 40 tahun ke atas. Di mana mereka bisa menuntut ilmu dan menambah wawasan sehingga mereka bisa enjoy karena bertemu dengan sesama lansia, atau yang dulunya sering mondok akhirnya bisa mondok lagi. Dan perlu diketahui bahwa yang mondok nantinya tidak dipungut biaya," terang Syamsudin.

Menurutnya, di pesantern lansia LPS Jamu Taqwa ini berbeda dengan panti jompo. Pasalnya, di pesantren tersebut banyak ilmu agama yang diberikan. Seperti menunaikan ibadah shalat, istighotsah, dan keilmuan lainnya. Sehingga orang lansia tidak jauh dari Allah.

"Kita juga memberikan bekal kreatifivitas di bidang yang lain. Yang menjadi amalan kita adalah istighotsah. Karena itu adalah amalan dari guru kita yaitu istighotsah dan dzikir. Supaya hati mereka tenang. Orang sepuh itu pikirannya gundah, gelisah. Maka dari itu kita mendirikan pesantren lansia. Insya Allah kalau bangunan sudah selesai, tahun depan akan kita buka," ujarnya. (Moh Kholidun/Mahbib)
 


BNI Mobile