IMG-LOGO
Tokoh

Mengenal Mbah Ghozaly bin Lanah, Pendiri Pesantren Sarang

Senin 22 Agustus 2016 8:31 WIB
Bagikan:
Mengenal Mbah Ghozaly bin Lanah, Pendiri Pesantren Sarang
Ilustrasi: Pesantren Ma'hadul Ulumisy Syar'iyyah (MUS). Foto wajah KH Ghozai bin Lanah hingga kini belum ditemukan
KH Ghozaly bin Lanah lahir di Madura tahun 1184 H atau sekitar 1770 M. Masa kecil beliau lebih akrab dipanggil Saliyo. Pada masa remajanya beliau nyantri di pesantren Dukuh Belitung Desa Kalipang Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, yang diasuh oleh Kiai Mursyidin.

Pada suatu hari datanglah seorang santri dari Pesantren Makam Agung Tuban yang beranama Jawahir, ia adalah santri Kiai Ma'ruf yang hendak pulang, namun singgah di Belitung, dan santri tersebut menginap di kamar Saliyo. Menurut literatur sejarah yang ada, Jawahir adalah seorang santri yang mahir dalam bidang ilmu fiqih. Pada saat itu mereka berdiskusi tentang ilmu fiqih dan nahwu, sebelum berdiskusi mereka telah berkonsensus, siapa yang kalah akan mengaji kepada si pemenang. Dalam diskusi tersebut akhirnya tidak ada yang menang atau yang kalah. Maka dengan keputusan mereka bersama, akhirnya mereka sepakat bertukar tempat, Saliyo menimba ilmu di Makam Agung Tuban dan Jawahir di Belitung.

Setelah sekian lama Saliyo menimba ilmu di Makam Agung bersama Kiai Ma'ruf, akhirnya sang kiai mengevaluasi para santrinya dengan pertanyaan mengenai ilmu nahwu. Sebelum melontarkan pertanyaan kepada santrinya, Kiai Ma'ruf berjanji kalau ada yang bisa menjawab, akan dijadikan saudara iparnya.

Setelah pertanyaan tersebut dilontarkan oleh sang kiai, keadaan berubah menjadi hening karena tidak ada satu pun santri yang menyahut untuk menjawabnya. Akhirnya ada salah seorang santri yang berkata: "Nyuwun sewu, Yai, wonten santri ingkang saget jawab, asmanipun Saliyo ingkang dipun laqobi Tumpul (Maaf, Yai, ada santri yang bisa menjawab, namanya Saliyo atau yang dijuluki Tumpul, red).”

Karena pertanyaan Kiai Ma’ruf merupakan bidang ilmu keahlian Saliyo, maka tidak menjadi hal yang sulit untuk menjawabnya. Akhirnya kiai menepati janjinya dan mengangkat Saliyo menjadi saudara iparnya, dijodohkan dengan Pinang (putri dari KH Muchdlor Sidoarjo). Tidak ada kuasa untuk Saliyo menolak kehendak dari sang kiai, sebagai santri yang selalu mengharap ridlo sang kiai. Di sisi lain, Saliyo berkesempatan untuk mendalami ilmu fiqih yang memang sebelumnya belum sempat untuk didalami. Hingga akhirnya Saliyo diizinkan pulang.

Setelah kembali ke Sarang, beberapa saat kemudian beliau mendapatkan tanah wakaf dari seorang dermawan (ayah Kiai Muhsin Sarang). Kemudian beliau mendirikan pondok dan masjid, yang sekarang dikenal dengan sebutan Pondok Pesantren Ma'hadul Ilmi Asy-Syar'ie (MIS).

Beberapa tahun kemudian kira-kira pada abad 12 H, beliau pergi ke Tanah Suci dengan mengarungi samudra yang menghabiskan waktu 7 bulan lamanya. Sesampainya di Tanah Suci ternyata para jamaah haji telah melakukan wuquf di Arafah, sehingga ia pun harus menunggu waktu 1 tahun lamanya untuk menunaikan ibadah haji kembali. Kesempatan itu tidak disia-siakannya, Saliyo gunakan untuk menuntut ilmu kepada para ulama di Makkah. Sampai akhirnya beliau mampu menulis kitab "Tafsir Jajalain" yang kini masih tersimpan rapi di Pondok Pesantren MIS Sarang. Sebagai tafa'ul, sekembalinya beliau dari tanah suci berganti nama menjadi Ghozaly.

Perkembangan Pondok Sarang


Meski Kiai Ghozaly telah tiada, bukan berarti pondok pesantren itu tutup. Perjuangan Kiai Ghozaly diteruskan oleh menantunya yang bernama KH Umar bin Harun. Sejak itu, nama Pondok Pesantren Sarang semakin dikenal oleh banyak orang baik masyarakat lokal maupun luar daerah.

Pada saat pondok pesantren berkembang, Kiai Umar tak lagi sanggup meneruskan perjuangan orang tuanya karena sakit. Kemudian beliau meninggal pada 1890. Setelah pergantian kepemimpinan, kendali pesantren dipegang oleh KH Fathurrohman (putra KH Ghozaly) hingga 1962.

Selanjutnya, pimpinan pesantren berikutnya adalah KH Syu'aib yang dibantu oleh dua putranya, KH Achmad dan KH Imam Kholil.

Setelah Kiai Syu'aib meninggal, Pondok Pesantren Sarang itu dibagi menjadi dua, yaitu Pondok Pesantren Ma'had Ilmisy Syar'i (MIS) yang diasuh oleh KH Imam Kholil dan Pondok Pesantren Ma'hadul Ulumisy Syar'iyyah (MUS) yang diasuh oleh KH Achmad dan KH Zuibair Dahlan. Generasi pimpinan berikutnya adalah KH Abdurrochim. (Aan Ainun Najib)

Sumber:
Buku Al-Shibghah (Penyusun M-Qta Crew Tahun 1427 H), Sarang
Suara Merdeka (2 Nopember 2004)

Bagikan:
Ahad 21 Agustus 2016 9:0 WIB
KH Ridwan Mujahid, Pendiri NU Asal Semarang
KH Ridwan Mujahid, Pendiri NU Asal Semarang
Ilustrasi: Logo NU klasik. Foto wajah KH Ridwan Mujahid hingga kini masih dalam proses pelacakan

Mengenang kembali sosok pendiri Nahdlatul Ulama (NU) asal Semarang bernama KH Ridwan Mujahid sangat dibutuhkan. Belum banyak orang mengetahui sosoknya. KH Ridwan Mujahid berasal dari Kauman Semarang. Sebagaimana disebutkan oleh Agus Tiyanto, KH Ridwan Mujahid adalah keturunan dari kiai Lasem yang sama dengan kerabat KH Makshum dan KH Baidlawi yang bersambung nasabnya hingga Mbah Sambu. Silsilah KH Ridwan Mujahid yang didapatkan Amirul Ulum dari KH Maimun Zubair dalam buku "Muassis Nahdlatul Ulama" adalah: KH Ridwan bin KH Mujahid bin KH Baidlawi bin Kiai Abdul Lathif bin Kiai Abdul Bar bin Kiai Abdul Alim bin Sayyid Abdurrahman (Mbah Sambu Lasem). Makam KH Ridwan Mujahid berada di Pemakaman Umum Bergota (tepatnya di selatan Makam KH Sholeh Darat, satu area makam keluarga H. Abu Bakar Kauman).

Dalam buku “Kemelut di NU Antara Kiai dan Politisi” karya Abdul Basith Adnan disebutkan peran besar KH Ridwan Mujahid. Jasanya dalam membentuk organisasi ulama pesantren bersama KH M Hasyim Asy’ari dan KH Abdul Wahab Chasbullah tidak dapat dilupakan. Ulama yang semula berkumpul untuk membahas persoalan negeri Hijaz bernama Komite Hijaz, berubah nama dengan Nahdlatul Ulama.

Usaha mengenalkan NU di Semarang bagi KH Ridwan Mujahid awalnya tidak mudah. Namun berkat ajaran Islam ahlussunnah wal jama’ah yang ditinggalkan oleh KH Muhammad Sholeh bin Umar Assamarani (KH Sholeh Darat), maka NU mudah dikenal dan diikuti oleh warga Semarang. Sehingga ketika NU diresmikan pada tahun 1926, masyarakat Semarang dan sekitarnya mudah menerima dan mengakar dalam sanubari (Amirul Ulum: 2014).

KH Ridwan Mujahid adalah salah satu murid KH Sholeh Darat. Perkenalan KH Ridwan Mujahid dengan KH M Hasyim Asy’ari lebih karena keduanya merupakan murid KH Sholeh Darat saat mondok di Pesantren Darat Semarang. Maka perjuangan mendirikan NU merupakan hasil dari kerjasama para murid sesepuh ulama Nusantara semisal: KH Cholil Bangkalan, KH Sholeh Darat Semarang, KH Nawawi Banten, KH Mahfudz Termas dan ulama lainnya.

Murid KH Sholeh Darat lainnya yang berjuang menegakkan Ahlussunnal wal Jama’ah di Semarang antara lain KH Ridwan bin Mujahid, Kiai Sya’ban bin Hasan, Kiai Thahir Mangkang, Kiai Sahli Kauman, Kiai Ali Barkan, Kiai Abdullah Sajad dan lain-lain. Anasom dalam papernya “KH Saleh bin Umar dan Pondok Pesantren Darat” menyebutkan bahwa salah satu karya KH Ridwan Mujahid Semarang adalah “I’anatul ‘Awam fi Mufhimmati Syara’ Al-Islam”.

KH Ridwan Mujahid selain dikenal sebagai Kiai yang berjuang dalam pengembangan organisasi NU juga dikenal mengembangkan dakwah di Pesantren. Salah satu muridnya yang juga bersama-sama mendirikan NU adalah KH Ma’shum Ahmad Lasem Rembang. Dengan demikian semakin nyata, bahwa perjuangan keagamaan, dakwah dan pesantren menjadi semangat yang dimiliki oleh KH Ridwan Mujahid.

Keakraban KH Ridwan Mujahid dengan para pendiri NU lainnya sudah tidak asing. KH Ridwan Mujahid bersama ulama Jawa Tengah lainnya, KHR Asnawi Kudus dan KH Kamal Hambali Kudus turut serta hadir dalam deklarasi pendirian NU pada 16 Rajab 1344 H/31 Januari 1926 M di kediaman KH Abdul Wahab Chasbullah Kertopaten Surabaya.

Di antara ulama yang hadir dalam pendirian NU di Surabaya berasal dari Semarang, Kudus, Tegal, Jombang, Sidoarjo, Pasuruhan, Bangkalan Madura, Gresik, Bangil,  Mojokerto dan Mesir. Mereka antara lain: KH Abdul Wahab Chasbullah, KH M Hasyim Asy’ari, KHR Muntaha (menantu KH Cholil Bangkalan), Kiai Mas Nawawi, KHR Asnawi, KH Kamal Hambali, KH Ridwan Mujahid, KH Muhammad Zubair Gresik, Syaikh Ahmad Ghonaim Al Mishri dan lain-lain.

Oleh para pendiri NU, KH Ridwan Mujahid diamanahi sebagai Musytasyar Syuriyah dalam struktut Pengurus NU periode pertama bersama dengan: KH Muhammad Zubair Gresik, KHR Muntaha Bangkalan Madura, KH Mas Nawawi Sidogiri, Syaikh Ahmad Ghonaim Al Mishri, KHR Asnawi Kudus dan KH Kamal Hambali Kudus. Adapun Rois Akbar dipegang oleh KH M Hasyim Asy’ari dan Katib KH Abdul Wahab Chasbullah.

Keberadaan KH Ridwan Mujahid dalam struktur NU semakin membawa daya tarik bagi masyarakat Semarang. Maka KH Ridwan Mujahid mengajak KH Abdullah dan KH Showam untuk mendirikan NU Kota Semarang. Tepat tanggal 24 April 1926, pengurus NU Cabang Kota Semarang berdiri dan dilantik oleh Katib Syuriyah KH Abdul Wahab Chasbullah yang berpusat di Surabaya. Lokasi pelantikan berada di Alun-Alun Kota Semarang yang berada di depan Masjid Agung Kauman Semarang.

Keberadaan resmi NU Cabang Semarang ini menjadi titik perjuangan para Kiai dalam mengenalkan Islam ahlussunnah wal jama’ah.Dan pergerakan NU Kota Semarang menjadi ringan karena ditopang oleh murid-murid KH Sholeh Darat yang sudah lebih dulu mengenalkan ahlussunnah wal jama’ah sebelum NU lahir dan berdiri di Semarang.

Walapun sudah dilantik dan resmi berdiri di Semarang, oleh karena NU belum memiliki gedung, maka koordinasi NU masih secara tradisional dari Masjid ke Masjid. Di antara Masjid yang sering digunakan untuk koordinasi NU adalah Masjid Nahdlatul Ulama di Jomblang Kecamatan Candisari Kota Semarang. Zainul Milal Bizawie (2016) mencatat sejak 1916 sudah berdiri Madrasah Nahdlatul Wathan di Surabaya dan mempunyai Cabang di Semarang yang bernama Madrasah Akhul Wathan. Oleh Choirul Anam (2015) lokasi Madrasah Cabang Nahdlatul Wathan di Semarang berada di Jomblangan Kidul.

Dalam catatan Amirul Ulum disebutkan bahwa NU Kota Semarang hingga tahun 1950-an masih menempati sekretariat di rumah-rumah pengurus. Di antara tempat yang dijadikan bascamp koordinasi pengurus NU adalah di rumah KH Irhas (Ketua Syuriyah tahun 1950-an). Pada tahun 1970-an NU Semarang memiliki gedung di Jalan Sudirman dari hasil wakaf. Anasom menjelaskan, sejak 1992 hingga sekarang, NU Semarang menempati gedung di Jalan Puspogiwang Semarang.

Kematangan organisasi KH Ridwan Mujahid dalam berkhidmah kepada NU ditunjukkan dengan kesiapan Semarang sebagai tuan rumah Muktamar NU keempat. Muktamar NU keempat adalah pertama kalinya Muktamar yang digelar di luar Kota Surabaya. Dikisahkan bahwa dalam kegiatan Muktamar NU keempat ini, KH Ridwan Mujahib berperan kuat dalam mensukseskan.

Muktamar NU keempat digelar pada 12-15 Rabiuts Tsani 1348 H/17-20 September 1929 M di Hotel Arabistan Kampung Melayu Semarang. Muktamar di Semarang tergolong sukses karena dihadiri 1.450 peserta terdiri dari 350 Kiai, 900 pengawal Kiai dan 200 pengurus Tanfidziyah. Saat Muktamar keempat di Semarang sudah terdaftar: 63 Cabang (13 Jawa Barat, 27 Jawa Tengah dan 23 Cabang Surabaya dan Madura).

Penutupan Muktamar Semarang juga sangat meriah karena digelar di Alun-Alun Semarang dengan dihadiri 10.000 jama’ah. Muktamar Semarang dihadiri langsung oleh Rais Akbar KH M Hasyim Asy’ari dinilai sebagai tonggak awal perkenalan NU daerah-daerah di luar Surabaya (Choirul Anam: 2015).

Melihat sepak terjang yang tidak kenal lelah dari KH Ridwan Mujahid, maka semangat ini patut ditiru oleh para generasi muda saat ini dalam memperjuangkan NU. Termasuk belum terungkapnya kisah-kisah lain dari KH Ridwan Mujahid masih perlu diperdalam. Sehingga dibutuhkan waktu lagi untuk melacak kiprahnya dalam semangat mendirikan NU dan menyebarkan Islam Ahlussunnah wal Jama’ah.

M. Rikza Chamami, Sekretaris Lakpesdam NU Kota Semarang dan Dosen UIN Walisongo

Rabu 3 Agustus 2016 11:0 WIB
KH Mahfudz Cholil Tokoh Pejuang Kemerdekaan dari Lasem
KH Mahfudz Cholil Tokoh Pejuang Kemerdekaan dari Lasem
Makam KH Mahfudz Cholil Lasem.
Kakak alm Mbah Abdus Salam, Pak Udin berpenampilan sederhana dan rendah hati putra Kiai Mahfudz mewakili keluarga turun langsung selama jalannya renovasi. Makam pejuang tanpa pamrih itu yang telah ditata rapi oleh Pengurus Masjid semakin nyaman bagi peziarah dengan dibangun lantai kramik oleh pihak keluarga. 

Letak makam di sebelah selatan Makam Mbah Sambu, hanya berjarak 6 meter. Mudah ditemui, jika berjalan menuju pintu masuk makam Mbah Sambu, sebelumnya peziarah akan menemukan makam Kiai Mahfudz. Di Komplek Masjid Jami Lasem juga terdapat makam tokoh perang sabil yang dikenal juga dengan nama perang kuning tahun 1751 yaitu KH Ali Baidlowi atau Ki Joyo Tirto, timur makam Mbah Sambu

Kiai Mahfudz kakak Kiai Mansyur ayah dari Gus Qayyum. Putra KH Cholil Lasem salah satu pendiri NU, terbilang Keponakan Mbah Ma'shoem Lasem, merupakan putra Kyai Abdur Rasyid mantan Kepala Desa Soditan yang selama hidupnya tercatat sebagai Kontraktor pembangunan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, sehingga banyak warga Lasem diikutkan bekerja. 

Untuk mengenangnya, dulu tokonya di Alun-alun Lasem diberi nama Toko Tanjung Perak, kemudian dibongkar terkena pelebaran jalan raya Lasem-Jatirogo. Jiwa pejuang KH Mahfudz Cholil juga menurun dari kakek jalur ibu yaitu juga bernama Kyai Mahfudz ayah dari KH Sahal Mahfudz Kajen Pati, yang gugur dalam Perang Palagan Ambarawa melawan penjajah, wilayah perjuangan Panglima Besar Jendral Soedirman. 

Dari garis ibu juga ada pertalinan kerabat dengan KH Abdullah Salam Kajen dan KH Syansuri Badawi Denanyar.  Teman seperjuangan Kyai Mahfudz Cholil antara lain KH A Hamid Syarif Pohlandak, KH Zuber ayah KH Maemun Zuber Sarang, dan Kolonel Suyono mantan Bupati Jember.

Selama masa perjuangan di Kab Rembang hidup berpindah-pindah, bergrilya di Watu Pecah, Sedan, Lasem dll, sehingga Pak Udin anaknya lahir di Luar Lasem. Kyai Mahfudz lahir tahun 1920, wafat tahun 1973, pada usia 53 tahun. Beliau biasa disapa Gus Fud, di akhir hidupnya banyak berhidmat di Masjid Jami Lasem aktif mengelola dan merenovasi Madrasah Jailaniyah.

Pasca perjuangan fisik, di masa damai mengundurkan diri dari barak militer kembali ke pesantren atau pengabdian di masyarakat berpangkat Letnan, sebagian teman beliau mengurus status veteran, ada pula yang melebur/ masuk TNI melalui proses seleksi pangkat, tes baca tulis dan lain-lain. Sebagaimana tertulis dalam sejarah Laskar Mujahidin Hizbullah, PETA, BKR, TKR sampai pembentukan TNI.

Tahun 1966 beliau menjadi Kordinator Latihan Tutup Tahun Wisuda AKABRI dulu bernama AMN, Posko latihan berpusat di Soditan Lasem. Berupa latihan darat, laut dan terjun payung di Pemotan, Sedan dan Lapangan sekarang jadi  Pasar Lasem. 

Dihadiri langsung Jenderal Ahmad Taher selaku Gubernur AKMIL, pemerintah kemudian memberikan Piagam Penghargaan atas suksesnya latihan tersebut. Ahmad Taher kemudian menjadi menteri, termasuk Jenderal Agum Gumelar menantunya dan anaknya. (Abdullah Hamid)

Kamis 21 Juli 2016 17:15 WIB
Abah Afandi, Kedalaman Ilmu Kitab Kuningnya Diakui Para Kiai
Abah Afandi, Kedalaman Ilmu Kitab Kuningnya Diakui Para Kiai
Salah satu kiai sepuh NU Jawa Barat KH Afandi Abdul Muin Syafi’I yang akrab disapa Abah Afandi, berpulang ke rahmatullah, Rabu (13/7/2016) dalam usia 78. Beliau adalah pengasuh Pesantren Asy-Syafi’iyyah Kedungwungu Krangkeng Indramayu, Jawa Barat.

Abah Afandi pernah menuntut ilmu di sejumlah pesantren besar, salah satunya di Pondok Pesantren Tambakberas  Jombang mulai tahun 1953 sampai tahun 1962.  Ia siswa angkatan pertama Madrasah Muallimin Pesantren Tambakberas yang didirikan oleh Mbah KH Fattah Hasyim Idris pada tahun 1953.

Selain itu, di luar madrasah, Abah Afandi beliau juga aktif mengikuti pengajian kitab- kitab pada Mbah Yai Abdul Wahab Chasbullah dan Mbah Yai Fattah Hasyim.

Semasa hidup, Mbah Yai Wahab Chasbullah dan Mbah Yai Fattah Hasyim sering mengunjungi muridnya yang bernama Afandi itu di desa Kedungwungu, Krangkeng, Indramayu Jawa Barat.

Untuk kitab aJ-Jurumiyah (kitab dasar ilmu nahwu), Abah Afandi diajar langsung oleh Mbah Yai Wahab diulang sampai empat kali khataman. Mbah wahab bilang: “Afandi, kalau mengaji kitab aJ-Jurumiyah cuman sekali saja, itu belum sempurna, sedikitnya empat kali khatam”.


Menurut cerita abah saya (Mbah Kiai Fatah), saat menuntut ilmu di Pesantren Tambakberas Jombang, selain sebagai santri yang sungguh-sungguh, rajin dan tekun, kelebihan lain Abah Afandi (muda) juga terletak di lisannya yang fasih, tutur katanya jelas dan suaranya keras ketika mengajar, sehingga tidak aneh jika beliau disenangi oleh para santri.

Setiap Mbah Kiai Fattah mengaji, maka pasti menyuruh santri bernama Afandi asal Indramayu itu untuk membaca kitab yang diajarkan. Mbah Yai Fattah hanya mendengarkan dan kemudian menjelaskan isi dari kitab yang dibaca oleh Afandi muda.

Karena itulah kalangan santri dan kiai Tambakberas waktu itu, Abah Afandi mendapat sebutan “qori”, yaitu santri yang selalu ditugaskan oleh Mbah Yai Fattah sebagai “tukang baca kitab” yang diajarkan oleh guru-guru dan kiainya. Demikian, cerita paman saya, KH. Moh. Faiq Hasyim Idris Pondok Pesantren Kedunglo Kediri, Jawa Timur.

Beberapa tahun sebelum wafatnya Almaghfurlah KH Chudori, yang akrab di sapa Pak Chudori, wali kelas Abah Afandi waktu sekolah di Madrasan Muallimin Tambakberas, dalam beberapa kesempatan beliau bercerita, ”Bertahun-tahun saya mengajar di Madrasah Muallimin, belum menemukan siswa yang pemahaman dan penguasaan kitab kuningnya sangat luar biasa seperti Afandi. Ia belum ada yang menandingi dalam matangnya pemahaman nahwu, sharaf, mantiq, dan balaghahnya,” tutur Pak Chudori.

Atas prestasinya dalam belajar, meski masih muda dan masih menjadi siswa Madrasah Muallimin, Abah Afandi selalu dipercaya oleh guru-gurunya setiap ada ujian untuk mengoreksi lembaran-lembaran jawaban para santri seangkatannya.

Karena kemampuan penguasaan kitabnya Abah Afandi yang diakui oleh teman-temannya waktu itu, banyak teman-teman sesama santri yang minta mengaji kitab tertentu pada Abah Afandi kala muda itu di pesantren Tambakberas.

Awalnya hanya satu-dua santri, di dalam bilik atau kamar santri, namun seiring waktu, jumlah santri yang ikut pun bertambah, sehingga peserta meluber di teras-teras depan asrama santri,

Melihat antusiasme para santri yang mengikuti pengajian kepada santri bernama Afandi itu, Mbah KH Fattah Hasyim dan Mbah KH Wahab Chasbullah (sesepuh Pesantren Tambakberas waktu itu) diam- diam memperhatikannnya, dan atas izin dua kiai sepuh tersebut, akhirnya santri Tambakberas bernama Afandi kala itu, dipersilakan mengaji di masjid Pesantren Tambakberas. Pesertanya pun membeludak.

Tidak sedikit para santri yang diajar oleh Abah Afandi sewaktu di Pondok Pesantren Tambakberas Jombang, di kemudian hari menjadi kiai besar, seperti Almaghfurlah KH Masruri Abdul Mughni, yang pernah menjadi Rais Syuriyah PWNU Jawa Tengah selama dua periode dan pengasuh Pesantren al-Hikmah Dua Benda Sirampog, Brebes, Jawa Tengah dengan tujuh ribu santri, dan kini menjadi besannya Abah Afandi.

Waktu Abah Afandi berdiskusi dengan saya di Pesantren Gedongan, Astana Japura, Ender Cirebon ( asuhan buyut KH Said Aqil Siroj) Abah Afandi dengan tawaduknya bilang, “Dulu waktu di Pondok Pesantren Tambakberas Jombang yang mengajar saya, tetapi ketika pulang yang menjadi kiai dia (Kiai Masruri). Pondoknya besar, santrinya ribuan,” tuturnya .

Hal ini mengingatkan saya kepada gurunya Abah Afandi, yaitu Mbah KH Abdul Fattah Hasyim Idris. Ketika mondok di Tebuireng Jombang, beliau juga sering ditugasi “mbadali” ngaji di masyarakat. Di samping itu juga ditugasi mengajar di kelas sifir awal dan seterusnya sebagai guru kelas.

Karena disenangi murid-muridnya, ketika beliau Mbah yai Fattah pindah ke Denanyar Jombang memenuhi panggilan sang mertua, yakni KH Bisri Syansuri, sekitar 25 muridnya ikut pindah ke Denanyar. Pada akhirnya, mereka juga ikut boyongan ke Tambakberas ketika beliau diminta Pak Denya, KH Abdul Wahab Chasbullah untuk kembali ke Tambakberas membantu pamannya, KH. Hamid Chasbulloh.

Antara Abah Afandi dan Mbah Kiai Fattah Hasyim ada kesamaan dan perbedaan. Keduanya sama-sama dipercaya oleh kiainya untuk mengajar santri-santri junior. Keduanya sama-sama digemari murid-muridnya. Keduanya sama-sama mempunyai lisan yang fasih, tutur kata yang jelas, suara yang keras, dan seterusnya.

Perbedaanya, yang paling nampak, adalah ketika boyong, dari Tebuireng ke Denanyar dan dari Denanyar ke Tambakberas, diikuti oleh murid-muridnya. Tidak demikian dengan beliau Abah Afandi ketika beliau boyong dari Jombang ke kampungnya di Indramayu, tidak diikuti oleh murid-muridnya. (Baca: Kembali ke Semangat Awal Pendiri NU)

Di antara rutinitas Mbah Yai Fattah adalah membangunkan santri di sepertiga malam, agar para santri shalat Tahajjud. Tetapi, di kala itu, setiap melewati bilik atau kamar yag ditempati oleh santri bernama Afandi, Mbah Yai Fattah tidak akan menggedor pintu tesebut. Karena kalaupun pintu diketuk atau dibuka, sudah dipastikan santri dalam kamar tersebut sedang muthalaah (mempelajari) kitab-kitab. Bukan sedang tidur seperti umumnya santri-santri yang lain.

Dalam kesehariannya, setelah Abah Afandi menetap di kampungnya hingga wafatnya, beliau menjadi rujukan para kiai pecinta kitab kuning, baik dari Indramayu maupun daerah sekitarnya, yang bertanya tentang masalah-masalah “kelas berat” yang berkaitan dengan kitab kuning papan atas.

Bahkan Abah Afandi oleh Mbah Yai Wahab, waktu masih di Pesantren Tambakberas mau dinikahkan dengan seorang gadis putri kiai besar yang tak lain adalah sahabat dekatnya dan pengasuh pesantren di Jawa Tengah.

“Afandi, saya pilih kamu untuk menjadi menantu seorang kiai, yang mencari menantu ahli kitab kuning,” kata Mbah Wahab dalam bahasa Jawa Timur-an.

Tetapi saat ditawari itu, Abah Afandi malah menangis.

Mbah Wahab pun menanggapi dengan becanda, “Lho mau saya nikahkan dengan gadis cantik, putrinya kiai, pesantrennya besar, kok malah kamu menangis?”

Afandi menjawab, “Mohon maaf, Mbah Yai. Saya sudah menikah”.

Mbah Wahab menimpali, “Oh, ya sudah, berarti belum jodoh,” tuturnya.

Karena memang Abah Afandi waktu itu sudah menikah dengan seorang gadis bernama Sofiyah putri KH Habib Hasan, pilihan orang tuanya yang menjadi pendamping hingga akhir hayatnya. Keduannya sudah melalui akad nikah, meskipun waktu itu belum tinggal serumah, karena masing-masing masih belajar di pesantren. Abah Afandi di Jombang, sedangkan istrinya belajar di Pesantren Babakan Ciwaringin, Cirebon.
    
KH DR (HC) Fuad Hasyim Pesantren Buntet Cirebon Jawa Barat, salah satu kerabat terdekat Abah Afandi, dalam beberapa kesempatan ia pernah bilang, “Abah Afandi ini ‘mutiara yang terpendam’. Beliau seorang kiai yang luar biasa penguasaan kitab kuningnya, dan sangat tawaduk, sahabat dekatnya Gus Dur, namun sungguh sayang beliau kurang begitu dikenal oleh masyarakat luas secara nasional.”

Hal itu, lanjut Kiai Fuad, kiranya disebabkan karena Abah Afandi menetap di Indramayu, sedangkan sudah terkenal bahwa masyarakat Indramayu kurang bisa menghormati para kiai. Padahal penghormatan masyarakat luas kepada kiai tertentu itu tergantung bagaimana masyarakat sekitar tempat kiai itu menetap member penghormatan. “Contoh paling sederhana: Masayarakat sekitar memanggil ‘gus’ maka masyarakat luas di luar daerahnya juga akan memangil ‘gus’. Kalau masyarakat sekitar memanggil ‘Mbah Yai’, maka masyarakat luas di luar daerahnya pun pasti akan memanggil demikian pada kiai itu. Selain itu, di Indramayu juga ada mitos susah jadi kiai,” tutur Kiai Fuad.

Abah Afandi juga meninggal dunia dengan warisan karya tulis berjudul “Risalah al-Muin, fi Aqaid al-Khamsin”. Kitab ini mengulas penjelasan soal ilmu tauhid.

Oleh KH Abdul Nashir Fattah, Rais PCNU Jombang, Pengasuh Pesantren Al-Fathimiyah Tambakberas, Jombang.

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG